NATIONAL

BMKG: Terjadi 9 Kali Gempa Susulan di Deli Serdang

Selasa, 17 Januari 2017

Indonesiaplus.id – Pantauan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hingga pukul 21.00 WIB terjadi 9 kali gempa susulan di wilayah Deli Serdang, Sumatera Utara. Walaupun kekuatan gempa terus mengecil.

“Terjadi 9 kali gempa bumi susulan dengan kekuatan yang terus mengecil. Diduga merupakan jenis gempa dangkal yang diakibatkan aktivitas sesar atau patahan lokal dan bukan disebabkan oleh aktivitas Sesar Besar Sumatera (Sumatera Fault Zone),” ujar Daryono dalam pesan singkat, Senin (16/1/2017).

Analisis sementara sumber gempa dipicu oleh mekanisme sesar mendatar pada lempengan tektonik di sebelah tenggara Berastagi dekat lokasi pusat gempa.

“Pada peta tektonik setempat menunjukkan di sebelah tenggara Berastagi dekat lokasi pusat gempa memang terdapat beberapa struktur sesar lokal. Sehingga wajar jika di wilayah ini sering terjadi aktivitas gempa bumi,” katanya.

Pihak BMKG mengimbau kepada masyarakat Sumatera Utara agar tetap tenang. Sebab, berdasarkan data aktivitas gempa bumi susulan ini menunjukkan tidak akan terjadi gempa bumi dengan kekuatan yang lebih besar.

Gempa berkekuatan 5,6 SR mengguncang wilayah Deli Serdang, dengan sumber gempa berada pada kedalaman 10 km. Episentrum gempa sendiri terjadi di 3,33 Lintang Utara dan 98,46 Bujur Timur, berlokasi di 28 km sebelah Barat Daya Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.[Sap]

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close