HUMANITIES

Tingkatkan Perlindungan, Balai Anak Toddopuli Makassar Replikasi Kompak di Kabupaten Gowa

Indonesiaplus.id – Kementerian Sosial RI melalui Balai Anak Toddopuli di Makassar melakukan Sosialisasi Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Anak berbasis komunitas.

Pelaksanaan Sosialisasi Komunitas Peduli Anak (KOMPAK) dibuka oleh Kepala Balai Anak Toddopuli di Makassar, Christiana Junus di Desa Kanjilo, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa.

Sosialisasi KOMPAK dihadiri 20 peserta terdiri dari Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala Kejaksaan Negeri Gowa, Muspika Kecamatan Barombong, Kepala Desa, Lurah, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat di Kecamatan Barombong.

“Pelaksanaan KOMPAK di Desa Kanjilo merupakan replikasi program yang telah digelar di Kabupaten Sidrap. Saat ini ada 3 lokasi di 2 Kabupaten yang melaksanakan KOMPAK, yaitu Desa Sipodeceng, Desa Tonronge, dan Desa Kanjilo, ” ujar Christiana di Kabupaten Gowa, Kamis (18/3/2021).

Fokus kegiatan KOMPAK adalah membangun kesadaran, kepedulian, dan partisipasi anggota masyarakat dalam perlindungan anak.

“Upaya yang dilakukan dengan “melatih tokoh kunci masyarakat yang terlibat dalam KOMPAK agar mengidentifikasi kebutuhan dan isu anak, merancang sebuah kegiatan, serta menggerakan masyarakat untuk

memberikan dukungan kepada anak dan keluarga, ” ujar Christiana.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin menyambut baik kegiatan KOMPAK di Desa Kanjilo. “Semoga adanya kolaborasi Balai Anak Toddopuli dengan pemda serta masyarakat dalam upaya perlindungan anak di tengah masyarakat dapat tercapai dengan baik, ” harapnya.

Salah seorang peserta sosialisasi, Yeni Andriani yang juga Kepala Kejaksaan Negeri Gowa, mengharapkan desa dan kelurahan sekitarnya dapat mempelajari model pelaksanaan KOMPAK untuk melindungi anak dengan sebaiknya.

“Berbagai kasus yang melibatkan anak yang ditangani Kejaksaan Negeri Gowa, tidak lepas dari turunnya kepedulian masyarakat terhadap situasi dan kondisi anak. Melalui program KOMPAK masyarakat bisa berpartisipasi dalam kegiatan yang digagas oleh KOMPAK, ” harap Yeni.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close