HUMANITIES

Sukabumi Gandeng Poltekesos Tingkatkan SDM dan Petakan Masalah Sosial

Indonesiaplus.id – Kerja sama di bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Pelatihan, Pemagangan dan Pengembangan SDM serta Inovasi Daerah Poltekesos Bandung disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Sukabumi sebagai Kabupaten terbesar kedua setelah Banyuwangi, kaya potensi alam, gunung, rimba dan laut, tetapi tergolong tertinggal dan banyak ragam permasalahan sosial, seperti anak, lansia, WTS, disabilitas, serta ekonomi lemah yang menimbulkan dampak sosial, ” ujar H. Barnas Adjidin, Sekda mewakili Bupati Sukabumi pada audiensi dan pembahasan kerja sama dengan Poltekesos di Kantor Pemkab Sukabumi, Senin (26/4/2021).

Berbekal potensi, kata Barnas, perlu dilakukan inovasi daerah dengan membuka akses melalui kerja sama dengan perguruan tinggi, khususnya Poltekesos Bandung. Kerja sama bidang pendidikan, penelitian, pengembangan masyarakat dan laboratorium pelayanan sosial.

“Pengembangan SDM dengan mengikutsertakan ASN agar mendapatkan pendidikan di Poltekesos sebagai alternatif pengembangan potensi. Juga, Sukabumi perlu banyak “main ke daerah lain”, agar melihat dan menemukan ide baik sehingga ada keinginan kuat merubah daerah dan awal perbaikan, ” tandas Barnas.

Saat ini, persoalan yang dihadapi Kabupaten Sukabumi yaitu terkait ketersediaan data. Dengan kerja sama diharapkan adanya penelitian yang melibatkan Poltekesos Bandung dalam mem-validasi data tersebut.

Direktur Poltekesos Bandung, Dr Marjuki, M.Sc didampingi Kepala Bagian Umum dan Kerja Sama serta Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, mengatakan, bahwa kerja sama ini stategis untuk memberikan ruang dan pengembangan SDM serta sumber-sumber sosial di daerah.

“Kami mendukung dan menyambut baik kerja sama ini yang sesuai dengan Undang-undang (UU) daerah yang menjadi dasar. Juga, Poltekesos mengaitkan programnya dengan unit di Kementerian Sosial, sehingga mampu mewujudkan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat, khususnya di Kabupaten Sukabumi, ” tandas Marjuki.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, yaitu Asisten Pemkesra, Kepala Bappeda, Kepala Dinas, Kepala DP3A, Kabag Hukum, Kabag Tapem, Plt. Kabag Kerja Sama dan Plt. Kabag Kesra Kab. Sukabumi, serta Humas Poltekesos Bandung.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close