HUMANITIES

Poltekesos Gelar Kuliah Dosen Tamu, Hadirkan Guru Besar UMJ Prof Adi Fahrudin

Indonesiaplus.id – Meningkatkan pemahaman rehabilitasi bagi pekerja Sosial dengan menguasai pengetahuan bidang lainnya agar mampu memaksimalkan kualitas individu, memfungsikan kembali keberfungsian seseorang sejauh perkembangannya.

Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung melalui Prodi Rehabilitasi menggelar Kuliah Dosen Tamu dengan menghadirkan narasumber Guru Besar UMJ  Prof. Adi Fahrudin, PhD. dengan materi tentang Isu-Isu Terkini Dalam Rehabilitasi.

Kuliah dosen tamu tersebut digelar secara daring via zoom meting yang dimoderatori oleh Kepala Lab. Prodi Rehabilitasi sosial (Rehsos), Rini Hartini RA.

Dihadapan para dosen dan mahasiswa Poltekesos, Prof. Adi Fahrudin, PhD menjelaskan sejarah rehabilitasi, dimana pada awalnya rehabilitasi ini dikenal dalam rangka perbaikan kefungsian fisik akibat kecacatan, industrialisasi dan Perang Dunia I dan II.

Terjadi pergeseran konsep rehabilitasi sangat luas dan aspek pelayanannya luas mulai dari restorasi hak raja atau bangsawan yang hilang atau dihapuskan, pemulihan nama baik (reputasi) seseorang dan pemulihan kapasitas fisik, mental, sosial, vokasional dan ekonomi seseorang.

“Rehabilitasi mahal sebab sifatnya longtime care dan longcost dan para pekerja Sosial seharusnya menguasainya, ” ujar Prof. Adi Fahrudin, Jumat (23/4/2021).

Usai paparan dosen tamu, Moderator, Rini Hartini RA, M.Pd, PhD membuka sesi tanya jawab dan menutup acara kuliah yang dihadiri para dosen dan para mahasiswa jurusan Prodi Rehabilitasi dengan berbagai catatan.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close