HUMANITIES

Jaring Ide Kewirausahaan, Poltekesos Gelar Webinar Bangun Star-up Melalui E-Commerce

Indonesiaplus.id – Program Studi Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial, Program Sarjana Terapan Poltekesos Bandung menggelar webinar Kuliah Umum berjudul, “Kiat Membangun Star-up Melalui E-Commerce”.

Webinar diikuti 71 peserta dari para dosen, mahasiswa dan alumni, dengan menghadirkan narasumber Utary Oktavianty Co-Founder and General Director Aruna Indonesia dengan dipandu dan dimoderatori oleh Lina Favourita, Ketua Prodi Lindayasos, Jumat (21/5/2021).

Profil PT Aruna Jaya Nuswantara adalah stratup yang fokus pada pengembangan platform bagi industri perikanan dan kelautan yang telah bekerja sama dengan beberapa koperasi nelayan di Jawa Barat untuk melakukan piloting penggunaan aplikasi mobile dan web.

Untuk memperoleh informasi dan sharing model layanan yang telah diterapkan Aruna dalam membangun kewirausahaan yang dapat menginspirasi para Pekerja Sosial Poltekesos Bandung terkait layanan seperti yang dilakukan Aruna kepada komunitas layanan dalam mewujudkan kesejahteraan bagi para nelayan.

Utary Oktavianty menceritakan, tahap pertama membangun Star-up melalui E-Commerce, dimana Aruna menggandeng Local Hero dari anak-anak muda, mahasiswa maupun alumni dan salah satunya dari Poltekesos Bandung yang mempunyai fashion dan ingin bekerja serta berkontribusi melalui perubahan yang lebih baik.

Tahap selanjutnya, sosialisasi, edukasi dan kerja sama dengan stakeholder dalam maupun luar negeri lingkup sosial activity, seperti pengolahan, pemasaran dan pemeriksaan kesehatan untuk mempererat hubungan dengan komunitas layanan dalam mewujudkan misi Aruna yang menjadikan laut sumber kehidupan lebih baik bagi semua masyarakat.

Awal mula star-up itu dimulai dari revolusi digital dan selama masa pandemik semakin terasa perubahan di industri digital yang menimbulkan dampak pada pelaksanaan berbagai kegiatan, salah satunya dalam pengelolaan bisnis.

Memang, star-up masih identik dengan inovatif dari teknologi. Stave Blank mengatakan bahwa star-up adalah organisasi yang dirancang untuk bisa repeatable, artinya bukan hanya mampu dalam teknologi tetapi mampu bergerak cepat dan besar.

Selain itu, star-up bisa dimulai dari adanya Ide tapi belum adanya modal, modal diperoleh dari keluarga dengan cara digunakan secara penghematan. Tahap berikutnya baru dicarikan sumber modal dan bergabung dengan incubator bisnis.

Sedangkan, kiat membangun star-up melalui E-Commerce dimulai dari mencari apa yang disukai sehingga lebih semangat dalam mengekplor bidang tersebut.

Lalu, menemukan tujuan hidup dan apa yang dikebutuhkan dari costumer serta mencari kekuatan-kekuatan atau sumber kemampuan masing-masing agar lebih fokus.

Menjaring momentum, dimana kesalahan yang sering dilakukan star-up di antaranya membangun sesuatu yang tidak dibutuhkan pasar, masalah tim, tidak fokus dan gagal mengekskusi. Sebagai kunci dalam star-up tentu diperlukan kreativitas dan inovatif serta dukungan selain model dihasilan bisa memberikan manfaat.

Ke depan, Aruna mengembangkan model ini bukan hanya pada aspek ekonomi melainkan terkait aspek sosial dan peningkatan kesejahteraan, sehingga diperlukan kajian dan penelitian.

Maka, diperlukan sinergitas dan kolaborasi dengan melakukan perjanjian kerja sama dengan perguruan tinggi, salah satunya Poltekesos Bandung.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close