HUMANITIES

Ikhtiar Untuk Sehat Semua, Poltekesos Bandung Gerak Cepat Siapkan Tim Penanganan Covid-19

Indonesiaplus.id – Pasca munculnya kasus pertama positif Covid-19 di Indonesia pada Maret 2020, Poltekesos Bandung merespon dengan beberapa upaya di antarnaya mengeluarkan SK Direktur No. 856 tahun 2020 tentang Tim Percepatan Penanganan Penyebaran Covid 19 di lingkungan Poltekesos Bandung, membuat SE Nomor: 782/6.1.8/HM.01/03/2020 tentang Antisipasi Penyebaran COVID-19 di Lingkungan Poltekesos Bandung kepada seluruh Sivitas Akademika.

Sedangkan, untuk meningkatkan daya tahan tubuh maka dilakukan pembagian vitamin dan susu juga alat pelindung diri berupa masker dan hand sanitizer kepada seluruh pegawai serta menyediakan area cuci tangan, hand sanitizer dan pengukuran suhu di area pintu masuk (Pos Satpam) bagi setiap orang yang memasuki kawasan Poltekesos Bandung.

Juga, ada sosialisasi tentang perilaku hidup sehat dilakukan melalui pemasangan poster dan tayangan video tentang informasi dan perilaku positif pencegahan COVID-19 untuk saling mengingatkan dan melindungi diri dari penyebaran COVID-19 di kalangan sivitas akademika.

Poltekesos berupaya memberikan kinerja terbaik di tengah pandemic covid-19 dengan membuat jadwal WFH dan WFO bagi seluruh pegawai, melakukan zoom meeting dalam hal koordinasi dan komunikasi antar pegawai maupun dalam proses belajar mengajar, membentuk Tim Pendampingan Sosial bagi Tenaga Medis, Relawan bagi Garda Depan dan Keluarga Korban COVID-19, serta melakukan berbagai aksi sosial dalam rangka pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk 2021 Poltekesos terus bergerak dengan membentuk Tim Penanganan Corona Virus Desease 19 (Covid 19) di lingkungan Poltekesos Bandung yang dituangkan dalam SK Direktur Poltekesos Bandung No. 1831 Tahun 2021, Tanggal 9 Juli 2021. SK ini diawali adanya rekomendasi hasil rapat Senat Poltekesos segera mengaktifkan kembali Satgas Covid 19 Poltekesos Bandung yang sudah dibentuk pada tahun 2020 dengan beberapa perubahan sesuai kondisi saat ini.

Langkah awal kerja Tim Penanganan Covid 19 di lingkungan Poltekesos Bandung dilakukan Rapat Koordinasi yang dipimpin langsung Wakil Direktur 2, Wawan Heryana selaku Ketua Tim pada Kamis (15/7/2021) secara virtual. Sekaligus Pada kesempatan itu disampaikan tugas Tim Penanganan Covid 19 meliputi pencegahan, penanganan dan pemulihan.

“Upaya pencegahan dilakukan melalui edukasi kepada seluruh sivitas yang sifatnya informatif dan penguatan mental karena pada dasarnya covid 19 ini bukan hanya berdampak pada fisik tetapi pada mental, ” ujar Ketua.

Sudah banyak edukasi informasi yang telah dishare di media sosial Poltekesos Bandung, tetapi kedepan agar lebih terkoordinir dan mudah dipahami, karena informasi baru mungkin ada yang menimbulkan perbedaan persepsi, tambahnya.

“Alhamdulillah di Poltekesos sudah banyak tim supporting /tim relawan yang telah dari awal bergerak baik dalam supporting dana, penyediaan oksigen yang diberikan kepada pegawai atau mahasiswa yang terpapar covid 19, termasuk membantu pada saat isoman, akses rumah sakit, penyiapan ambulan dan bahkan sampai pada pemakaman. Sedangkan untuk kegiatan pemulihan, terdapat berbagai perbedaan cara memulihkan orang yang terpapar covid 19 tergantung kondisi masing-masing, ” katanya.

Untuk ketiga kegiatan dibagi masing-masing ketua Sub Tim Pelaksana, yaitu Meiti Subardhini, selaku Ketua Sub Tim Pelaksana Pencegahan, Milly Mildawati, selaku Ketua Sub Tim Pelaksana Penaganan, dan Yuti Sri Ismudiyati, selaku Ketua Sub Tim Pelaksana Pemulihan, sedangkan pelaksanaan kerja Tim ini akan di dukung tim Sekretariat dari tim BUK dan BAAP.

Selanjutnya agenda di masing-masing ketua sub tim akan melakukan rapat khusus guna membuat skema kerja untuk dapat disinergikan dan dikolaborasikan bersama. Rapat Koordinasi ini diikuti Admiral Nelson Aritonang, Wakil Direktur 1 selaku wakil ketua 1 dan Epi Supiadi, Wakil Direktur 3 selaku wakil ketua 2, Kepala BUK dan BAAP selaku Sekretaris 1 dan 2 serta para anggota yang ditunjuk sebagai Tim Penanganan Covid 19 di lingkungan Poltekesos Bandung.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close