HUMANITIES

Sebanyak 580 Calon Maba Poltekesos Bandung TA 2021/2022 Ikuti Ujian Wawancara

Indonesiaplus.id – Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung sebagai Lembaga pendidikan yang menyelenggarakan jalur pendidikan vokasi, telah, sedang dan terus berupaya melakukan langkah strategis dalam penyediaan SDM Pekerja Sosial Profesional di Indonesia salah satunya melalui seleksi ujian bagi para calon mahasiswa baru (maba).

Terkait esensi ujian bagi calon mahasiswa baru yakni diperolehnya para calon mahasiswa yang unggul dan benar-benar mampu mengikuti perkuliahan sesuai dengan aturan akademik dan yang memiliki wawasan kebangsaan positif, sehingga dapat diandalkan untuk berkiprah dalam penyelenggaraan kesejahteran sosial.

Dalam proeses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Poltekesos Bandung membuka untuk Program Sarjana Terapan dan Program Magister Terapan Tahun Akademik 2020/2021 dikarenakan masih pandemi Covid 19 ini maka digelar secara online, mulai dari tahap Persiapan, Sosialisasi, Pendaftaran, Pelaksanaan Ujian Tulis dan Tes wawancara dilaksanakan secara online.

Tercatat pendaftar calon mahasiswa baru Poltekesos tahun 2021 sebanyak 1.818 orang yang terdiri dari 1.774 peserta calon mahasiswa baru untuk Program Sarjana Terapan dan 44 peserta calon mahasiswa baru untuk Program Magister Terapan. Dari jumlah pendaftar tersebut, telah mengikuti ujian tulis online pada tanggal 7 Juli 2021.

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Poltekesos Bandung No. 1843 tahun 2021, tanggal 14 Juli 2021, Tentang Daftar Nama Calon Mahasiswa Program Sarjana Terapan dan Program Magister Terapan Yang Dinyatakan Lulus Seleksi Ujian Tulis Poltekesos Bandung TA. 2021/2022 adalah sebanyak 580 peserta calon mahasiswa baru yang terdiri dari 550 peserta camaba Program Sarjana Terapan dan 30 orang camaba Program Magister Terapan yang selanjutnya mengikuti ujian wawancara online.

Direktur Poltekesos Bandung, Marjuki menyampaikan bahwa ujian wawancara ini merupakan tahapan dari proses pelaksanaan PMB TA 2021/2022. Sedangkan, Ketua Prodi Magister Terapan, Dwi Yuliani selaku Koordinator bersama Tim telah melakukan persiapan dalam penyusunan pedoman wawancara dan teknis pelaksanaan ujian wawancara yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 22 dan 23 Juli 2021 melalui daring dengan menggunakan aplikasi zoom meeting dan Whatapp Group.

Pelaksanaan wawancara terbagi dalam 34 meja untuk Program Sarjana Terapan dan 2 meja untuk Program Magister Terapan, dengan melibatkan 86 pewawancara yang terdiri dari pejabat tinggi pratama di lingkungan Kementerian Sosial RI, Fungsional Dosen dan Pejabat Struktural di lingkungan Poltekesos Bandung.

Terkait dengan pelaksanaan tes wawancara ini dimonitoring langsung secara online oleh Sekretaris Jenderal dan Inspektur Jenderal Kementerian Sosial RI. ”Kelulusan Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekesos Bandung Tahun Akademik 2021/2022 akan diumumkan tanggal 29 Juli 2021, melalui website Poltekesos Bandung dan media sosial lainnya,” ujar Marjuki.

Sementara itu, Kepala Badan Pendidikan, Penelitian dan Penyuluhan Sosial (Badiklitpensos) Syahabuddin membukan secara resmi kegiatan ujian wawancara penerimaan mahasiswa baru Poltekesos Bandung tahun akademik 2021/2022 pada Kamis (22/7/2021) secara virtual.

“Kami mengapresiasi penyelenggaraan PMB Poltekesos Bandung dan yakin di tengah pandemik covid-19 panitia penyelenggara dihadapkan pada tantangan yang sangat luar biasa. Alhamdulillah berkat kerja tekun, kerja keras, dan kerja iklas, penyelenggaraan ujian tulis secara daring dapat terlaksana dengan sangat baik, ” katanya.

Selain itu, Syhabuddin menandaskan bahwa segala hambatan yang dihadapi sebelumnya bisa terantisipasi di tahun ini serta menjadikan PMB berjalan sangat baik. “Alhamdulillah akhirnya saat ini sampai pada rangkaian terakhir, yaitu penyelenggaraan tes wawancara. Semoga semua berjalan lancar dan segala upaya berbuah hasil yang menggembirakan,” katanya.

Selain itu, ia berpesan kepada para pewawancara, agar dapat berlaku adil, objektif, dan memberi pelayanan terbaik kepada peserta wawancara dan mengantisipasi ketika mengalami kendala dalam penyelenggaraan wawancara secara daring, untuk segera memberikan tindakan cepat yang bijaksana agar tidak merugikan peserta wawancara.

“Dengan segala hal yang telah dilakukan saya yakin Bapak/ Ibu pewawancara dan petugas lain yang terkait dengan pelaksanaan wawancara dapat melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggungjawab, ” ungkapnya.

Juga, tidak lupa Kabdiklit juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika Poltekesos Bandung yang telah berkontribusi dalam mensukseskan penyelenggaraan Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekesos Bandung Tahun Akademik 2021/2022 dan mengharapkan kegiatan dapat berjalan lancar, sehingga tujuan dapat tercapai.

Turut hadr dalam acara pembukaan tersebut, yaitu Kepala Biro Orpeg Kemensos, Sekretaris Badiklitpensos, Direktur Poltekesos Bandung, Para Kepala Satuan Kerja di Lingkungan Badiklitpensos, serta para Pejabat Struktural dan Fungsional dosen di lingkungan Poltekesos Bandung.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close