HUMANITIES

Biar Lulus Tes CPNS, Batu Akik, Jimat dan Isim Ramai Diburu

Indonesiaplus.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) secara resmi mengumumkan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019, Senin (11/11/2019) malam.

Usai pengumuman tersebut, sontak saja pengunjung di berbagai gerai jimat di Jakarta kebanjiran pembeli. Kondisi tersebut diduga karena banyak calon peserta yang mengandalkan jimat agar bisa lulus menjadi PNS.

Salah satu tempat menjual jimat ada di Pasar Rawa Bening Jakarta Gems Center, Jatinegara, Jakarta Timur yang menjajakan berbagai batu akik, logam mulia, keris, hingga jimat yang belakangan banyak diburu para peserta calon CPNS.

Salah satu pedagang batu akik, keris, dan medium jimat di Pasar Rawa Bening Jakarta Gems Center, Jatinegara, Jakarta Timur, Awan (33) justru mengaku tidak percaya akan khasiat berbagai jimat tersebut.

Ia pecaya hanya peruntungan lewat jimat semata-mata hanya sugesti bagi sang pemiliknya. Kendati ia telah berjualan batu akik, keris, hingga jimat jenis isim sejak tahun 2009.

Namun, ia mengaku sejak berdagang batu akik justru mengklaim tidak pernah sekalipun menggunakan jimat-jimat yang dijualnya itu.

“Saya mah dagang doang sih, termasuk dagang ini (jimat) malah istri saya enggak mau saya pakai beginian,” ucapnya, Selasa (12/11/2019).

Bagi Awan peruntungan akan jimat hanyalah sugesti bagi sang pemiliknya saja. Sehingga, dia pun mengaku tidak berniat untuk menggunakan jimat. “Menurut saya sih itu hanya sugesti aja,” pungkasnya.[mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close