HUMANITIES

Bansos Sembako untuk Jabodetabek Siap Disalurkan Kementerian Sosial

Indonesiaplus.id – Untuk mempercepat penyaluran Bansos Sembako, Kementerian Sosial akan menyalurkan selama tiga bulan, mulai April, Mei dan Juni bagi masyarakat terdampak Covid-19 di DKI Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Bansos Sembako disalurkan untuk 1,3 juta Kepala Keluarga (KK) di DKI Jakarta, dengan indeks bantuan Rp 600 ribu per KK per bulan selama tiga bulan.

“Bansos Sembako juga disalurkan juga untuk di wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) sebanyak 600 ribu KK dengan indeks bantuan Rp 600 ribu per KK per bulan selama tiga bulan, ” ujar Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin di Jakarta, Jumat (17/4/2020).

Bansos sembako, kata Pepen, untuk DKI dan Bodetabek secara teknis penyalurannya akan dilakukan setiap bulan sebanyak dua kali dalam satu kantong senilai Rp 300 ribu. “Bila saja disalurkan sebulan dua kali, maka selama tiga bulan bisa enam kali penyaluran,” katanya.

Nantinya dalam penyaluran bansos akan sangat memperhatikan protokol kesehatan, sehingga tidak boleh ada kerumunan masyarakat.

“Kami menggandeng PT Pos Indonesia meng-inject alamat penerima ke sistem operator ojek daring untuk menyalurkan Bansos Sembako langsung ke alamat penerima. Jadi, tidak perlu mengantri bantuan,” ungkapnya.

Data penerima sembako diperoleh dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Lalu data disinkronkan dan semua penerima bansos sembako berasal dari yang diusulkan Pemprov DKI Jakarta.

“Bansos Sembako untuk April tahun 2020 sudah siap disalurkan Kemensos dan untuk transparansi saya tunjukkan isi bantuan sembako yang dikemas dalam kantong dengan nuansa warna merah berlogo Kepresidenan, ” tandasnya.

Lalu ada tulisan “Bantuan Presiden Bersama Perangi Covid-19” dilengkapi dengan informasi mengenai protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19.

Ada 10 item dalam tas Bantuan Sembako, yaitu mie instan, kornet, sarden, sambal, kecap manis, susu, minyak goreng, teh celup, sabun mandi, dan beras 10 kg.

“Ini menjadi perhatian kita bersama dan teman-teman media bisa ikut mengawasi penyaluran bansos sembako,” pungkasnya.[mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close