HUMANITIES

Anna: Alhamdulillah Bisa Tinggal Sementara di Balai

Indonesiaplus.id – Wajah Anna Silvia (43) begitu sumringah saat menerima bantuan sosial sembako yang diserahkan langsung oleh Menteri Sosial Juliari P Batubara dalam kunjungan ke Balai Mulya Jaya, Pasar Rebo, Jakarta, Senin (11/5/2020) sore.

Betapa tidak, warga Jatiwarna, Pondok Gede, Bekasi itu sebelum pandemi Covid-19 bekerja sebagai penjual alat kesehatan (alkes). Nasib berkata lain, dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) semua usahanya mandek.

“Menjual alkes tidak mudah apalagi ditambah ada PSBB semakin tidak jalan usaha. Saya pun memutuskan bekerja di sebuah perusahaan dan ketika pandemi Covid-19 datang perusahaan tidak mampu lagi membayar gaji hingga saya benar-benar tidak punya uang untuk membayar kontrakan dan terpaksa pindah-pindah tempat, ” ucap Anna, sambil berkaca-kaca.

Tapi ia merasa beruntung, malam itu saat kehabisan uang buat pulang dan naik kendaraan dibantu seorang polisi yang menunjukkan ke dinas sosial di Matraman untuk sekedar meminta bantuan, hingga akhirnya sampai di Balai Mulya Jaya.

“Alhamdulilah, sudah sepekan tinggal di sini. Terima kasih saya sampaikan kepada Pak Mensos dan Kepala Balai, apalagi mendapatkan tadi bansos bersyukur sekali saat kondisi tak punya apa-apa banyak perhatian dari pemerintah, ” ungkapnya.

Lain halnya dengan Ripa (39), warga Cimacan Cipanas, Cianjur, berawal jadi seorang pengamen di angkutan umum yang membawanya dalam lembah kehidupan serba bebas. Hingga memberanikan merantau ke Jakarta dengan pekerjaan yang sama, pengamen.

“Dulu saya pernah hidup kelam di jalanan, sebelum ke Jakarta pernah merantau juga ke salah satu daerah di Sumatera, di sebuah tempat hiburan dan suatu saat memutuskan pulang kampung, ” katanya.

Sudah hampir satu pekan di balai, sebelumnya tinggal di emperan toko di daerah terminal Kampung Melayu, Jakarta. Ia mengaku mengamen tanpa alat musik hanya dengan tepukan tangan untuk minta belas kasihan penumpang angkutan.

“Pengen cepat pulang kangen sama anak dan keluarga. Bantuan sembako dari Pak Menteri Sosial mau saya disimpan aja nanti buat anak. Terima kasih ya…Pak Menteri Sosial sudah menampung saya di tempat ini, ” ucap Ripa.[mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close