HUMANITIES

Agar Lebih Tepat Sasaran, Mensos: Semua Penerima Bansos Harus Berbasis NIK

Indonesiaplus.id – Hingga akhir tahun depan, Kementerian Sosial menargetkan setiap penerima program bantuan sosial di Indonesia semuanya harus sudah berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Kami berharap hingga akhir tahun depan semua penerima program bansos sudah berbasis NIK, ” ujar Menteri Sosial Juliari P Batubara pada acara Forum Silaturahmi dan Dialog dengan Pimpinan Redaksi Media di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019) petang.

Untuk mendata, kata Mensos, merupakan pekerjaan yang tidak mudah karena yang dipadankan berjumlah puluhan juta sehingga para petugas dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) harus turun langsung.

“Untuk memastikan setiap penerima program bantuan sosial berbasis NIK, maka petugas dari Dukcapil harus mendata, turun langsung door to door dan tidak bisa dengan asumsi. Jelas, itu pekerjaan luar biasa masif, ” katanya.

Dengan setiap penerima manfaat yang berbasis NIK, program bantuan sosial di Kementerian Sosial yang dikelola oleh sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) bisa lebih efektif dan tepat sasaran.[mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close