HEALTH

Sering Terhubung dengan Gadget Bisa Picu Stress

Senin, 8 Mei 2017

Indonesiaplus.id – Permasalahan hidup yang kompleks kerap kali membuat Anda stress. Kondisi tersebut bisa timbul karena pekerjaan kantor, kurang istirahat dan lainnya.

Dampak buruk dari stress adalah terhadap produktivitas pekerjaan dan kesehatan, yang tanpa Anda sadari, aktivitas ini juga bisa menimbulkan stres. Konstan memeriksa ponsel Anda juga bisa menyebabkan menjadi super stres.

Berdasarkan laporan tahunan organisasi yang meneliti tentang stres, 4 dari 5 orang dewasa mengatakan mereka memeriksa account email, teks, dan sosial media mereka terus-menerus atau sering.

Di antara beberapa kebiasaan yang ceroboh ini bisa mengakibatkan Anda stres.

“Saat ini, nyaris semua orang dewasa Amerika memiliki setidaknya satu perangkat elektronik dan banyak dari mereka selalu terhubung dengan gadget mungil ini,” ujar the APA’s associate executive director for practice research and policy, Lynn Bufka, PhD, seperti dilansir laman Health, Kamis (4/5/2017).

“Apa yang orang-orang ini tidak pertimbangkan bahwa teknologi membantu kita dalam banyak hal, namun selalu terhubung dengan benda elektronik yang satu ini memiliki dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental penggunanya,” katanya.

Dalam masalah ini peneliti mensurvei 3.511 orang di atas 18 tahun dan menemukan stres meningkat lebih tinggi di antara mereka yang selalu memantau gadget mereka.

“Salah satu upayanya dengan melakukan detoks digital sebagai cara yang paling bermanfaat untuk mengatasi stres yang berhubungan dengan penggunaan teknologi,” tandasnya.[Mas]

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close