HEALTH

Resiko Penyakit Jantung Bisa Dicegah dengan Secangkir Teh

Minggu, 15 Januari 2017

Indonesiaplus.id – Kabar bahagia bagi Anda pecinta minum teh. Pasalnya, sebuah studi di Amerika menemukan minum secangkir teh setiap hari, 35 persen lebih kecil kemungkinannya menderita serangan jantung.

“Jantung bisa terlindungi dengan minum teh. Cukup minum satu cangkir teh sehari, apakah teh hijau atau hitam bisa cukup menguntungkan jantung Anda,” ujar peneliti Dr. Elliott Miller.

Selain itu, para ilmuwan meneliti 600 pria dan wanita, yang memiliki kesehatan baik dan tanpa riwayat penyakit jantung selama 15 tahun.

Sepanjang rentang waktu itu, para peneliti mencatat relawan yang mengalami serangan jantung, stroke atau yang menderita nyeri dada.

Juga, mereka mengukur endapan kalsium di pembuluh darah para relawan selama periode lima tahun dan membandingkannya dengan tingkat sebelumnya.

Hasil penelitian menunjukkan, peminum teh yang mengonsumsi satu sampai tiga cangkir per hari, 35 persen lebih kecil kemungkinannya mengembangkan penyakit jantung dibandingkan dengan relawan lainnya.

Juga, peminum teh memiliki tingkat lebih rendah dari endapan kalsium di arteri mereka. Sifat pelindung alami dari teh yakni flavonoid, suatu jenis antioksidan yang memang mendukung kesehatan jantung.

Sedangkan, teori menyebutkan bahwa peminum teh pada umumnya memiliki gaya hidup sehat dengan faktor-faktor, seperti diet dan olahraga memainkan peran positif dalam mencegah resiko penyakit jantung.[Mas]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close