HEALTH

Paru-Paru Anda Bermasalah? Yuk Kenali Penyebabnya!

Senin, 12 Desember 2016

Indonesiaplus.id – Salah satu organ vital dalam tubuh manusia bekerja untuk mendapatkan oksigen dan bertugas mengeluarkan karbondioksida adalah paru-paru. Banyak ragam penyakit yang berhubungan dengan paru-paru, di antaranya:

Selalu kehabisan energi

Mungkin Anda tidak bisa melakukan tugas-tugas sehari-hari, tanpa perlu tidur sebentar? Sel-sel Anda membutuhkan oksigen untuk menghasilkan energi yang membuat motor Anda berjalan.

Ketika paru-paru tidak memberikan cukup oksigen untuk tubuh, maka Anda mulai merasa sering kelelahan.

Mengalami kesulitan bernapas
Kadang-kadang sesak napas akibat dari memiliki terlalu banyak udara yang terperangkap di dalam dada.

Sering bingung
Apakah Anda tahu otak menggunakan 15-20 persen dari pasokan oksigen tubuh Anda?

Otak membutuhkan oksigen untuk membuat berpikir jernih dan jika tingkat O2 rendah, menandakan kadar oksigen sangat rendah dan kadar karbon dioksida Anda sangat tinggi. Hal ini bisa menyebabkan kebingungan atau membuat seseorang mengantuk.

Kehilangan berat badan, tapi tidak ada penyebab khusus
Penyakit paru-paru membawa pada banyak masalah tubuh yang bisa membuat Anda kehilangan berat badan secara tak terduga.

Tapi tidak berarti Anda kehilangan lemak tubuh Anda. Dalam COPD, bisa ada banyak peradangan di seluruh tubuh yang menyebabkan otot kehilangan massa.

Terus-menerus batuk
Batuk yang tidak kunjung hilang dan bercampur dengan lendir, darah atau demam, jangan Anda biarkan begitu saja. Ini sangat mencemaskan jika Anda seorang perokok, karena itu adalah tanda klasik dari bronkitis kronis atau emfisema.

Memiliki nyeri dada
Nyeri dada merupakan ciri dari gangguan jantung, namun paru-paru bisa membawa rasa sakit juga. Peradangan iritasi selaput bagian dalam dada bisa menyebabkan nyeri dada yang disebut pleuritis.[Mas]

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close