HEALTH

Ketahui Cara Ampuh Jaga Metabolisme Tubuh

Rabu, 7 Desember 2017

Indonesiaplus.id – Menjaga metabolisme tubuh merupakan salah satu cara paling penting agar berat tubuh tetap ideal. Pasalnya, metabolisme yang mengatur proses semua kimia maupun fisika yang terjadi di dalam tubuh.

Proses tersebut membutuhkan energi dan metabolisme dengan membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Metabolisme bertanggung jawab untuk mengubah makanan dan minuman menjadi energi.

Namun, seberapa cepat tubuh membakar kalori tergantung pada beberapa hal. Beberapa orang memiliki metabolisme yang cepat.

Pria cenderung lebih banyak membakar kalori daripada perempuan, bahkan ketika sedang beristirahat. Bagi kebanyakan orang, metabolisme akan terus melambat setelah usia 40 tahun.

Bila Anda tidak dikaruniai proses metabolisme yang cepat, ikuti cara-cara berikut ini untuk meningkatkan metabolisme dan mendapatkan tubuh yang sehat.

Secukupnya makan
Makan secukupnya saja sehingga Anda tidak merasa lapar. Jika Anda makan camilan yang hanya mengandung 150 kalori pada pertengahan pagi dan sore hari maka hal ini akan meningkatkan metabolisme Anda.

Minum teh hijau
Alih-alih meraih kopi pagi Anda, menyeduh sepoci teh sebagai gantinya. Sebuah studi menemukan bahwa peserta studi yang minum 4 sampai 5 cangkir teh hijau setiap hari dan kemudian bekerja selama 25 menit kehilangan berat badan rata-rata 1 kg.

Keajaiban teh hijau terletak pada antioksidan yang memicu pelepasan lemak dari sel yang juga membantu mempercepat kemampuan hati untuk mengubah lemak menjadi energi.

Minum air sebelum makan
Pada studi tiga bulan yang dipresentasikan pada konferensi tahunan American Chemical Society menemukan bahwa minum dua gelas air sebelum makan membantu menurunkan berat badan hingga 7,5 kg.

Juga, minum air sepanjang hari akan membantu untuk meningkatkan metabolisme Anda.

Makan makanan pedas
Capsaicin dalam cabai memiliki efek termogenik yang bisa menyebabkan tubuh membakar hingga 90 kalori segera setelah makan.

Pada sebuah studi menemukan, bahwa mengonsumsi capsaicin membantu untuk mengaktifkan lemak coklat yang bertanggung jawab untuk pembakaran kalori.[Mas]

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close