HEALTH

Lansia Rentan Terinfeksi, Berikut 4 Langkah Tingkatkan Imunitas

Indonesiaplus.id – Salah satu kalangan yang rentan terhadap masalah kesehatan, termasuk Covid-19 adalah lanjut usia (lansia), yaitu orang-orang yang berusia di atas 65 tahun.

Berdasarkan komplikasi dan tingkat kefatalan, laman The Conversation mengatakan bahwa lansia memiliki risiko paling besar, yakni 7,8 persen dibandingkan anak-anak dan orang dewasa yang berkisar 0,0016 hingga 1 persen saja.

Maka dengan alasan tersebut, penting bagi para lansia senantiasa meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari Covid-19. Untuk merealisasikannya, laman Health Line dan Mayo Clinic pun membagikan tips jitu.

Pertama, mengawasi konsumsi makanan dan minuman
Pada usia yang tak lagi muda Anda tidak boleh mengonsumsi makanan dengan bebas sebab akan mempengaruhi kondisi fisik. Untuk meningkatkan sistem imun disarankan mengonsumsi banyak buah dan sayur. Juga, kurangi asupan gula, garam, lemak, serta makanan olahan.

Kedua, cukup berolahraga
Dianjurkan berolahraga untuk lansia. Aktivitas fisik yang teratur terbukti dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memiliki efek antiinflamasi pada tubuh.

Namun, perlu dipilih jenis olahraga yang sesuai dengan usia. Umumnya, lansia lebih disarankan aktivitas fisik berjenis aerobik, seperti berjalan, bersepeda, yoga, serta berenang.

Ketiga, kelola stres dengan baik
Banyak orang justru merasa tertekan dan banyak pikiran. Terlebih dengan mewabahnya virus corona yang telah menjangkiti banyak orang.

Namun sayangnya, stres bisa melemahkan respons sistem imun. Untuk itu, mulailah mengelola stres, misalnya dengan terlibat dalam kegiatan yang menyenangkan dan santai, seperti membaca atau berkebun.

Keempat, rutin berjemur
Secara keseluruhan, terlalu lama di rumah saja juga tidak baik baik kesehatan tubuh. Lansia disarankan tetap keluar rumah walau sekedar di taman atau halaman rumah untuk berjemur.

Lakukanlah pada pagi hari selama 15 menit lantaran ini baik untuk meningkatkan vitamin D alami pada tubuh. Adapun, vitamin D selain menguatkan tulang juga bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.[was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close