GLOBAL

Usai 25 Tahun Berdiri, Inggris Resmi Jadi Mitra Dialog ASEAN

Indonesiaplus.id – Usai 25 tahun berdiri, Inggris resmi menjadi negara pertama mitra dialog perhimpunan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN). ASEAN adalah kelompok berpengaruh dari sepuluh negara anggota di Indo-Pasifik.

Menjadi Mitra Dialog, Inggris akan meresmikan hubungannya dengan ASEAN, termasuk menghadiri pertemuan tahunan menteri luar negeri dan ekonomi juga tingkat menteri lainnya.

Dengan status Mitra Dialog menempatkan Inggris di jantung Indo-Pasifik. Juga, akan bekerja dengan ASEAN dan anggota dalam menghadapi sejumlah masalah seperti keamanan maritim dan kejahatan transnasional. Juga meningkatkan ekonomi melalui perdagangan, dan kerja sama dalam isu-isu seperti Covid-19 dan perubahan iklim.

Namun sejak Inggris mengajukan permohonan untuk menjadi Mitra Dialog pada Juni 2020, Menteri Luar Negeri Dominic Raab telah menghadiri dua Pertemuan Tingkat Menteri Inggris-ASEAN dan menjadi tuan rumah Ketua ASEAN pada pertemuan Menlu & Pembangunan G7 pada Mei lalu.

“Momen penting dalam haluan Inggris ke arah Indo Pasifik. Hubungan yang lebih dekat dengan ASEAN akan membantu menciptakan lapangan kerja ramah lingkungan, memperkuat kerja sama keamanan kita, mempromosikan kemitraan teknologi dan sains, dan menjaga pilar-pilar utama hukum internasional seperti Konvensi PBB tentang Hukum Laut,” tutur Rab seperti dimuat dalam laman resmi pemerintah Inggris, gov.uk, Kamis (5/8/2021).

Dengan kesepakatan baru tersebut, jelas akan membantu Inggris untuk memperdalam hubungan ekonomi dengan ASEAN, yang memiliki PDB gabungan sebesar $3,2 triliun.

Hingga tahun ini, total perdagangan antara Inggris dan ASEAN adalah £32,3 miliar dalam empat kuartal hingga akhir Q1 2021 dengan potensi besar untuk meningkatkan perdagangan itu, dan menciptakan lapangan kerja di dalam negeri.

Sementara itu, Dominic Raab telah lima kali mengunjungi Asia Tenggara sejak menjadi Menteri Luar Negeri. Itu menunjukkan semakin pentingnya kawasan Indo-Pasifik.

Pengumuman bersamaan dengan meningkatnya kerja sama pertahanan dan keamanan Inggris di Indo-Pasifik. Carrier Strike Group Inggris, yang dipimpin oleh HMS Queen Elizabeth, berada di kawasan dan telah menyelesaikan serangkaian kegiatan bersama mitra ASEAN.

Sedangkan pada Juni lalu Inggris secara resmi meluncurkan negosiasi aksesi dengan negara-negara CPTPP (Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik).

CPTPP merupakan salah satu kawasan perdagangan bebas terbesar di dunia, menyumbang 13 persen dari PDB global pada 2019. Empat negara ASEAN, Singapura, Vietnam, Malaysia dan Brunei merupakan anggota CPTPP.[mar]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close