GLOBAL

Universitas Leiden Miliki Koleksi Indonesia Terbesar di Dunia

Kamis, 26 October 2017

Indonesiaplus.id – Baru-baru ini, salah satu universitas tertua di Belanda, Universitas Leiden meresmikan perpustakaan Asian Library yang memiliki koleksi bersejarah Indonesia terlengkap di dunia. Perpustakaan tersebut memiliki koleksi dari Asia Selatan, Asia Tenggara, Cina, Jepang dan Korea.

Secara resmi Ratu Maxima membuka perpustakaan itu dengan upacara yang menampilkan tarian Bali dan alunan musik gamelan. Seperti dinukil laman Asian Correspondent, Kamis (26/10/2017).

Selain itu, di perpusatakaan itu memiliki dua buku yang masuk dalam daftar Unesco, yakni La Galigo (1908). Buku ini mengisahkan mitos penciptaan dari peradaban Bugis di Sulawesi Selatan yang ditulis di antara abad ke-13 dan ke-15 dalam bentuk puisi bahasa Bugis kuno.

Juga, manuskrip Babad Diponegoro yang menceritakan perang Pangeran Diponegoro melawan Belanda antara tahun 1825-1830. Naskah buku tersebut ditulis sendiri oleh pangeran Diponegoro saat dia diasingkan Belanda ke Sulawesi Utara pada 1831.

Leiden mengklaim sebagai satu-satunya universitas di Belanda yang menawarkan program bahasa dan budaya yang ekstensif mengenai kawasan Asia.[Fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close