GLOBAL

Sambut Idul Adha, Presiden Putin Sebut Islam Perkuat Kerukunan Rusia

Indonesiaplus.id – Nilai-nilai Islam telah berfungsi memperkuat kerukunan antaretnis dan melestarikan keragaman budaya di negaranya. Hal itu disampaikan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Putin menyampaikan dalam salah satu poin ucapan selamat Idul Adha kepada umat Islam Rusia.Pesan ucapan Putin dipublikasikan di situs Kremlin pada hari Selasa waktu setempat.

“Hari raya kuno ini, yang berakar dari berabad-abad yang lalu, menarik orang percaya pada asal-usul dan nilai-nilai Islam, menyerukan belas kasihan, keadilan dan kesalehan, sikap peduli dan ramah terhadap orang lain,” tandas Putin.

“Cita-cita kemanusiaan dan moral yang luhur ini, yang menjadi landasan semua agama dunia, berfungsi sebagai kekuatan pemersatu yang kuat, berkontribusi untuk memperkuat kerukunan antaretnis dalam masyarakat dan melestarikan keragaman budaya dan tradisi otentik rakyat kita,” imbuh putin.

Selain itu, perayaan Idul Adha ditandai dengan berkurban hewan ternak, dirayakan pada hari kesepuluh bulan ke-12 kalender Islam dan menandai akhir dari ibadah haji umat Islam yang berlangsung di Makkah, Arab Saudi.

Juga, Idul Adha secara tradisional dimulai dengan khotbah dan salat Idul Adha dilanjutkan dengan puncak pada pengorbanan hewan. Administrasi keagamaan di Rusia membuat keputusan tentang format salat hari raya secara mandiri, dengan mempertimbangkan situasi epidemiologis terkait pandemi COVID-19.[mar]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close