GLOBAL

Situasi Genting! Oposisi Tengah Lakukan Kudeta di Venezuela

Rabu, 1 Mei 2019

Indonesiaplus.id – Pada Selasa (30/4/2019) waktu setempat, upaya kudeta oleh massa oposisi sedang berlangsung di Venezuela.

Terlihat beberapa kendaraan lapis baja bermunculan di jalan di Caracas dan salah satunya menabrak para demonstran oposisi yang dianggap sebagai perusuh.

Berbagia kendaraan lapis baja tersebut milik Garda Nasional Venezuela. Rekaman yang dipublikasikan di media sosial oleh beberapa saluran televisi Amerika Latin menunjukkan tiga kendaraan militer lapis baja terlibat konfrontasi dengan massa oposisi.

Bahkan, beberapa dari mereka terlihat meninju kendaraan, melempar batu dan menyerang kendaraan tersebut dengan tongkat. Pada satu insiden, salah satu kendaraan terlihat menabrak kerumunan massa.

Hingga kini, belum jelas apakah insiden tersebut mengakibatkan korban jiwa atau tidak. Setidaknya satu orang terbaring di jalan setelah insiden tersebut. Tidak jelas juga, siapa sebenarnya yang berada di belakang kemudi kendaraan militer tersebut.

Namun, insiden itu terjadi di tengah laporan adanya bentrok antar-kelompok yang berseteru di Garda Nasional Venezuela di Caracas.

Sebelumnya, pemimpin oposisi Juan Guaido yang telah mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara Venezuela menyerukan rakyat dan militer turun ke jalan untuk mengakhiri kekuasaan Presiden Nicolas Maduro.

Menteri Pertahanan Venezuela Vladimir Padrino Lopez memperingatkan tentara akan menggunakan kekuatan jika perlu, di tengah upaya kudeta yang didukung Amerika Serikat (AS). Peringatan itu diumumkan ketika massa pro-oposisi bergerak menuju istana presiden di Caracas.

“Bagi siapa pun yang datang ke (istana presiden) Miraflores dengan kekerasan akan dikalahkan dengan kekerasan. Jika kita harus menggunakan senjata, kita akan menggunakannya,” ujar Lopez yang disiarkan televisi.

Selain itu, Menhan mengatakan dia akan menyalahkan Guaido sebagai orang yang bertanggung jawab jika terjadi kematian di jalanan.

Dalam cuplikan oleh stasiun NTN24 TV menunjukkan jalan-jalan ibukota dipenuhi orang. Video itu juga memperlihatkan sekelompok warga sipil dan pria bersenjata berseragam militer mengendarai mobil.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close