GLOBAL

Sikap Donald Trump Siap Konflik dengan Korut, Ditolak Jerman

Sabtu, 12 Agustus 2017

Indonesiaplus.id – Sikap konfrontasi Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan siap terlibat konflik bersenjata dengan Korea Utara.

Posisi Trump itu dinilai berlebihan oleh beberapa negara besar lainnya. Salah satu sekutu terdekat AS sendiri, Jerman, termasuk yang tak sepakat dengan Trump. Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, aksi militer bukanlah solusi yang tepat untuk krisis di Semenanjung Korea.

’’Saya tidak melihat aksi militer akan menjadi solusi yang tepat bagi konflik yang berlangsung. Saya lebih memilih jalur yang diambil Dewan Keamanan (DK) PBB,’’ ujar Merkel dalam jumpa pers di Kota Berlin, Jumat (11/8).

Menurut pemimpin 63 tahun itu, bahwa resolusi dan sanksi menjadi solusi yang lebih masuk akal. Dia juga mendesak AS dan Korut berhenti saling gertak. Bahkan, imbauan yang sama disampaikan Tiongkok.

’’Sebaiknya kedua pihak sama-sama menghindari kemungkinan untuk mengulang masa lalu lewat unjuk kekuatan dan provokasi,’’ kata Geng Shuang, Jubir Kementerian Luar Negeri Tiongkok.

Pihak Beijing berharap Washington dan Pyongyang bisa meredam ketegangan dengan tidak saling adu argumentasi dan ancaman.

Kamis (10/8/2017), Presiden Donald Trump mengancam Korut dengan aksi militer. ’’Sebaiknya Korut mengkhawatirkan konsekuensi rencana menyerang wilayah AS,’’ ucap taipan 71 tahun itu tentang ambisi Korut merudal Pulau Guam di Samudra Pasifik.

Ancaman Trump dilontarkan dari Negara Bagian New Jersey tersebut bertentangan dengan Menteri Pertahanan Jim Mattis yang memilih jalur perundingan.[Fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close