GLOBAL

Periode Tahun 2017 Pencari Suaka di Jerman Turun Drastis

Rabu, 17 Januari 2018

Indonesiaplus.id – Tahun 2017 tercatat jumlah pencari suaka terdaftar di Jerman turun tajam dengan jumlah 186 ribu orang. Angka tersebut jauh di bawah 220 ribu, sebagai angka tertinggi yang disepakati dalam pembicaraan untuk membentuk pemerintahan baru.

Namun, Menteri Dalam Negeri Thomas de Maiziere, jumlah dengan jumlah tersebut masih terlalu tinggi. Berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri Federal, jumlah pendatang baru di Jerman yang mencari suaka, turun 33 persen pada tahun ini menjadi 186.000 pada 2017.

Sedangkan pada 2016, pencari suaka berjumlah 280 ribu orang. Sementara, pada 2015 mencapai 890 ribu orang.

Pihak imigrasi adalah salah satu topik paling peka dalam pembicaraan partai konservatif Kanselir Angela Merkel dengan Sosial Demokrat (SPD) mengenai pembaruan “koalisi besar”, yang memimpin Jerman sejak 2013 hingga 2017.

Dari kesepakatan yang ditandatangani pada Jumat, kedua kubu tersebut menyetujui sasaran ringan 180.000 hingga 220.000 imigran per tahun, untuk dicapai bukan melalui batas resmi namun dengan intervensi untuk mengelola arus.

Saat menampilkan angka baru tersebut pada Selasa, Menteri Dalam Negeri Thomas de Maiziere mengatakan bahwa jumlah pencari suaka masih terlalu tinggi.

Sebab, menurut dia Jerman masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengintegrasikan pendatang baru ke dalam masyarakat dan menangani tingkat kriminalitas yang lebih tinggi di antara pencari suaka.

“Sejauh ini masih kasus yang memutuskan apakah seseorang yang akan datang ke Eropa atau ke Jerman adalah penyelundup kriminal. Ini adalah komite seleksi paling tidak manusiawi,” kata de Maiziere.

Data menunjukkan sebagian besar pelamar suaka Jerman berasal dari Suriah (47.434), diikuti oleh Irak (21.043) dan Afghanistan (12,346). Jumlah pencari suaka yang dideportasi usai melakukan pelanggaran juga telah bertambah dengan 60 orang dikeluarkan dari negara tersebut pada 2017.

Menurut De Maiziere pihak berwenang telah hampir menyelesaikan data dalam memproses klaim suaka, dengan jumlah aplikasi terbuka turun menjadi 68 ribu pada akhir tahun, dibandingkan dengan 433.719 di awal tahun. Sekitar 30 ribu pencari suaka kembali ke tanah air mereka secara sukarela tahun lalu.

Pada Jumat, partai konservatif Merkel dan SPD sepakat untuk membatasi 1.000 orang sebulan sebagai jumlah orang yang diizinkan untuk bergabung dengan keluarga mereka yang sekarang tinggal sebagai pengungsi di Jerman.[Fat]

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close