GLOBAL

Menlu Cavusoglu Siap Mediasi Retaknya Hubungan Negara Arab dengan Qatar

Selasa, 6 Juni 2017

Indonesiaplus.id – Keretakan hubungan Qatar dengan negara-negara lain Arab membuat banyak pihak prihatian dan menyerukan perundingan untuk menyelesaikannya.

“Kami melihat ketenangan di kawasan Teluk sebagai kesatuan dan kesetiakawanan kami,” ujar Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dalam jumpa pers, Senin (5/6/2017).

Setiap negara, lanjut Cavusoglu, memiliki beberapa masalah, tapi pembicaraan harus dilakukan dalam setiap keadaan agar masalah dapat diselesaikan secara damai. “Kami sedih melihat gambaran saat ini dan akan memberikan dukungan apa pun untuk pemulihannya,” katanya.

Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain memutuskan hubungan dengan Qatar pada Senin, dengan menuduhnya mendukung “terorisme” dan membuka keretakan terburuk dalam bertahun-tahun di antara beberapa negara terkuat di dunia Arab tersebut.

Cavusoglu menyatakan bahwa kesetiakawanan kawasan diperlukan lebih daripada sebelumnya dalam masa ketidakpastian dan kemelut mendalam di berbagai negara di kawasan tersebut.

“Turki siap melakukan apa pun dibutuhkan untuk menemukan penyelesaian dalam waktu singkat atas ketidaksepakatan di antara negara persaudaraan tersebut,” tandasnya.[Fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close