GLOBAL

Lawan Penyebaran Virus Corona, Pemerintah China Bakal Gandeng Rusia

Indonesiaplus.id – Komunikasi dua menteri luar (menlu) negeri, yaitu menlu Rusia Sergei Lavrov dan menlu China Wang Yi membahas kerja sama untuk memerangi merebaknya virus corona, Sabtu (1/2/2020).

“Rusia memberikan nilai tinggi atas berbagai langkah yang China sedang lakukan untuk memerangi penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus corona,” ujar kementerian luar negeri Rusia dalam sebuah pernyataan.

Pada Sabtu pagi, Presiden Vladimir Putin memerintahkan militer Rusia mulai mengevakuasi warga Rusia dari China akibat berjangkitnya virus mematikan itu.

Kabar baik muncul di tengah bertambahnya korban tewas akibat wabah virus corona yang kini menjadi 259 orang. Pihak otoritas kesehatan China menyatakan 243 orang dinyatakan sembuh dari virus corona dan diizinkan meninggalkan rumah sakit.

Selain itu, otoritas kesehatan setempat juga menyebut 17.988 kasus lainnya masih berstatus terduga. Jumlah korban tewas akibat wabah virus corona tipe baru di China hingga Sabtu (1/2/2020) pagi bertambah dari 45 menjadi 259.

Jumlah kasus positif mengidap 2019-nCoV pun juga terus merangkak naik menjadi 11.821 orang dengan 1.347 di antaranya merupakan kasus baru.

Di Provinsi Hubei (wilayah tengah) masih tertinggi angka kematiannya mencapai 249 orang. Kota Wuhan sebagai episentrum 2019-nCoV menyumbang 192 kasus kematian yang merupakan tertinggi di antara kota/kabupaten lain di Provinsi Hubei.

Sedangkan di tingkat provinsi di China, Zhejiang (wilayah timur) menempati peringkat kedua dengan 537 kasus tanpa ada kematian dan 11 kasus dinyatakan negatif.

Kendatipun bukan penyumbang kasus terbesar, Provinsi Henan (wilayah tengah) dan Provinsi Heilongjiang (wilayah timurlaut) masing-masing terdapat dua kasus kematian.

Terdapat 20 pasien 2019-nCoV ramai-ramai meninggalkan Rumah Sakit Jinyintan, Wuhan, Jumat (31/1/2020), usai dinyatakan sembuh oleh dokter.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close