GLOBAL

Kota Kaikoura, Selandia Baru, Diguncang Gempa 5,4 Skala Richter

Senin , 23 Oktober 2017

Indonesiaplus.id – Kota Kaikoura di Pulau Selatan Selandia Baru, Minggu (22/10/2017) waktu setempat diguncang gempa berkekuatan 5,4 skala Richter (SR).

Guncangan kuat gempa pada kedalaman 13 kilometer itu menyebabkan tanah longsor. Tidak ada korban jiwa maupun cedera yang dilaporkan setelah gempa terjadi. Warga dan wisatawan terguncang namun tidak terluka akibat gempa yang diikuti oleh sejumlah gempa susulan ringan.

“Kami merasakan sedikit guncangan. Semoga semua yang terdampak juga baik-baik saja,” tulis akun resmi Kementerian Pertahanan Sipil dan Darurat Selandia Baru lewat media sosial Twitter.

Ross James, seorang manajer hotel di Kaikoura menyebut gempa sangat terasa di tempatnya berdiam. Jalannya gempa sebagai guncangan pendek dan tajam, sangat tajam, cepat, dan kemudian usai.

James menceritakan, ada sejumlah tamu dari Cina yang baru saja tiba di hotel. Alih-alih panik, mereka justru menghadapinya dengan tenang dan mengatakan Cina juga kerap mengalami gempa bumi.

Sedangkan seorang karyawan hotel bernama Warren melaporkan beberapa tamu tidak menyadari apa yang telah terjadi. Ia berharap gempa tidak kembali berlanjut agar para tamu dan staf hotel tetap merasa aman.

Wilayah Kaikoura terbilang cukup sering mengalami gempa bumi. Guncangan pada Minggu terjadi hampir setahun sejak gempa dahsyat berkekuatan 7,8 SR yang menewaskan dua orang, seperti dikutip dari laman Independent.[Fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close