GLOBAL

Keputusan Arab Saudi Haji Tahun Ini, Biaya Paling Murah Rp 45 Juta

Indonesiaplus.id – Untuk tahun ini, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan pelaksanaan haji hanya bisa diikuti jemaah dari dalam negeri, baik warga lokal maupun asing (ekspatriat).

Adapun kuota yang disediakan 60.000 orang berusia 18 sampai 65 tahun, dengan prioritas mereka yang belum pernah melaksanakan haji dalam 5 tahun terakhir.

Pemerintah kerajaan juga memberikan syarat lain, yakni jemaah tidak memiliki penyakit kronis dan sudah mendapatkan vaksin Covid-19 minimal satu dosis, 14 hari sebelum pelaksanaan haji.

Sedangkan, peserta haji harus mendaftar di situs web yang disediakan oleh Kementerian Haji dan Umrah, mulai 13 sampai 23 Juni.

Persyaratan tambahan yakni membayar biaya haji. Kementerian menawarkan tiga paket, yakni Hospitality Package Camps dengan harga 12.113 riyal atau sekitar Rp 45 juta, Distinguished Hospitality Camps 14.381 riyal (Rp53,5 juta), dan Distinguished Hospitality Towers seharga 16.560 riyal (Rp 61,6 juta).

Pada 25 Juni dilakukan pendaftaran tahap kedua, meliputi penyortiran. Haji akan berlangsung pada pertengahan Juli.

“Untuk upaya penyortiran dilakukan berdasarkan standar kesehatan dan regulasi,” tulis pernyataan, seperti dikutip dari Saudi Gazette, Selasa (15/6/2021).

Kementerian menyatakan, bahwa pembayaran harus dilakukan dalam waktu 3 jam usai memilih paket guna menghindari pembatalan.

Saudi memutuskan pelaksanaan haji hanya bisa diikuti jemaah dari dalam negeri setelah mempertimbangkan dampak pandemi Covid-19, di mana banyak negara melaporkan penularan varian baru.

Kondisi serupa mengulangi kebijakan haji pada 2020, meski berbeda dalam hal jumlah kuota. Tahun lalu haji hanya diikuti tak lebih dari 10.000 jemaah.[mar]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close