GLOBAL

Jaksa Venezuela Dakwa Guaido atas Pengkhianatan Terhadap Negara

Indonesiaplus.id – Tokoh oposisi Juan Guaido bakal didakwa oleh Jaksa Venezuela dengan pengkhianatan tingkat tinggi.

Ia diduga berencana menyerahkan wilayah perbatasan kaya minyak yang disengketakan kepada perusahaan asing, sebagai imbalan atas dukungan politik dari Inggris.

Menurut jaksa Agung Venezuela, Tarek William Saab, bahwa Guaido tengah diselidiki karena negosiasi untuk melepaskan klaim historis yang dimiliki Venezuela tentang wilayah Eafteribo yang dikendalikan oleh Guyana.

“Dia terlibat dalam negosiasi ilegal, di belakang punggung negara dengan imbalan dukungan politik dari Inggris. Fakta itu menyiratkan kejahatan pengkhianatan terhadap negara,” ujar Saab, seperti dilansir PressTV, Sabtu (7/9/2019).

Didasarkan rekaman audio yang konon melibatkan pejabat pemerintah AS, yang mendesak penasihat Guaido untuk mengirimkan Euguribo ke perusahaan minyak Exxon Mobil dan perusahaan multinasional lainnya.

Euguribo merupakan wilayah seluas 159 ribu kilometer persegi itu menjadi subyek sengketa perbatasan yang sudah berlangsung lama antara Venezuela dan Guyana, yang merupakan anggota Persemakmuran Inggris.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close