GLOBAL

AS Persenjatai Militan Kurdi, Presiden Erdogan Geram

Indonesiaplus.id – Kebijakan Amerika Serikat (AS) mengirimkan ribuan senjata kepada militan Kurdi YPG di Suriah membuat geram Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Erdogan menilai AS sudah kelewatan membantu organisasi tersebut. Dalam pidatonya, Sabtu (8/9/2019), Ia berjanji tidak akan tinggal diam atas langkah AS yang memasok lebih 30 ribu senjata, peralatan dan truk yang dipenuhi amunisi kepada YPG.

Seperti dilansir laman kepresidenan Turki, Erdogan mengkritik AS karena kurang berkomitmen dalam menciptakan zona aman di Suriah.

Erdogan berjanji akan membahas semua permasalahan tersebut dalam pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di New York akhir bulan ini.

“Tentu saja, kami harus menyelesaikan ini. Sebab, ada perbedaan antara apa yang dikatakan dan apa yang telah dilakukan,” tandas Erdogan yang dilansir Reuters.

Sebelumnya, Ankara memandang pejuang YPG sebagai perpanjangan dari militan Kurdi di Turki. Sehingga Turki bersikeras bahwa Amerika Serikat harus mengakhiri dukungan terhadap kelompok tersebut.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close