GLOBAL

Hadapi Gelombang Kedua, Jerman Luncurkan Aplikasi Pendeteksi Corona

Indonesiaplus.id – Pada pekan ini, Menteri Kesehatan Jerman, Jens Spahn, mengumumkan aplikasi pendeteksi virus corona siap dirilis. Namun sebelumnya, aplikasi tersebut sempat mengalami penundaan peluncuran.

Tujuan pemerintah Jerman meluncurkan aplikasi ini untuk bersiap diri menghadapi gelombang kedua pandemik. “Aplikasi akan dirilis pekan ini,” ucap Spahn seperti dikutip dari Reuters, Senin (15/6/2020).

Namun di sisi lain, sejumlah media Jerman melaporkan bahwa aplikasi tersebut mulai bisa diakses pada Selasa ini. Namun, Spahn menolak untuk mengonfirmasi laporan tersebut.

Aplikasi tersebut bekerja dengan cara menggunakan teknologi bluetooth. Aplikasi ini berfungsi mendeteksi dan menghubungkan orang yang berisiko terinfeksi virus corona.

Perangkat tidak bergantung pada data base, tetapi disesuaikan dengan lingkungan sekitar pengguna dalam pengembangannya.

Pemerintah Jerman melibatkan Deutsche Telekom dan perusahaan perangkat lunak bernama SAP. Sebelumnya pada pekan lalu, Italia telah meluncurkan aplikasi serupa.

Pemerintah Jerman merupakan negara dengan tingkat kematian akibat COVID-19 yang relatif rendah dibandingkan negara lain.

Namun, keberhasilan itu berkat terjaganya sistem kesehatan dan karantina wilayah yang diterapkan pada pertengah Maret lalu.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close