GLOBAL

Direnovasi, Lonceng Menara Big Ben Akan Berhenti Selama 4 Tahun

Selasa, 15 Agustus 2017

Indonesiaplus.id – Tepat pada Senin 21 Agustus 2017 yang akan datang, lonceng di Menara Big Ben London akan berhenti berdentang selama empat tahun.

Hal itu seiring dengan pekerjaan renovasi dirampungkan, demikian diumumkan House of Commons pada Senin 14 Agustus 2017.

Pemukul menara jam ikonik tersebut telah membunyikan lonceng seberat 13,7 ton setiap jamnya, selama hampir 157 tahun terakhir. Pemukul itulah yang akan dipisahkan dari jam.

Namun demikian, masih ada bel di Menara Big Ben yang masih bisa diperdengarkan untuk menyambut acara penting, seperti perayaan Tahun Baru.

“Program kerja penting ini karena akan melindungi jam secara jangka panjang, dan melestarikan rumahnya, Menara Elizabeth,” ujar Keeper of the Great Clock, Steve Jaggs seperti dikutip dari Strait Times pada Senin (14/8/2017).

Bangunan istana Westminster di tepi Sungai Thames, rumah bagi Parlemen Inggris, adalah situs warisan dunia dan objek wisata utama Britania Raya.

Menurut Jaggs, bahwa masyarakat dapat berkumpul di Parliament Square di dekatnya untuk mendengarkan dentang lonceng Big Ben untuk terakhir kalinya Senin depan.

Menara Elizabeth setinggi 96 meter, yang diyakini sebagai bangunan paling banyak difoto di Inggris, setengah badannya sudah terbungkus perancah, sebagai bagian dari proyek renovasi besar.

Rumah jam Big Ben nantinya akan dibongkar dan masing-masing akan dicek dan diperiksa. Empat jarum jam akan dibersihkan dan diperbaiki, kerangka besi cor diperbaharui.

Salah satu dari empat jam akan tetap bekerja didukung dengan motor listrik modern sampai mekanisme manual jam yang asli selesai dikerjakan

Semua lonceng lainnya, yang biasanya berdentang setiap 15 menit, juga akan berhenti berbunyi. Pekerjaan renovasi Big Ben diperkirakan akan selesai pada 2021.

Ternyata hal ini bukan kali pertama lonceng Big Ben berhenti berdentang. Pernah juga terjadi pada 1983-1985 dan 2007 di tengah proses perbaikan.

Termasuk, lonceng juga berhenti berbunyi pada saat pemakaman mantan Perdana Menteri Margaret Thatcher digelar pada 2013.[Fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close