GLOBAL

Alat Pendeteksi Virus Corona Peneliti Jepang, Cukup 10 Menit

Indonesiaplus.id – Peneliti asal Jepang berhasil membuat terobosan baru dengan menciptakan sebuah alat yang bisa mendeteksi virus Covid-19 dalam tubuh seseorang.

Informasi dari tim peneliti itu telah mengembangkan sebuah alat tes yang diklaim mampu memberikan hasil kemungkinan infeksi pada seseorang hanya membutuhkan waktu 10 menit saja.

Namun, tidak dikethaui apa nama tersebut tetapi mereka mencatat waktu ini lebih cepat dari alat pengujian yang ada saat ini.

Melansir dari Gizmochina, Ahad (22/3/2020), untuk pengembanganya peneliti Jepang itu menggandeng beberapa tim riset mulai dari Universitas Nagasakti, Canon medical Systems, serta National Institute of Infectious Diseases.

Adapun perlengkapan alat test berbentuk portabel itu didesain secara compact dan memiliki bobot hanya 2,4kg. Cara kerja dari alat itu cukup memperlukan sampel dari hidung atau tenggorokan pasien.

Alat ini juga bisa mendeteksi melalui material apapun yang kemungkinan memiliki jejak virus tersebut. Selanjutnya para peneliti akan menggunakan pewarna fluoresens untuk dapat melihat infeksi.

Alat pendeteksi itu dikembangkan Jepang itu memberikan harapan baru bagi pendeteksian infeksi corona sedini mungkin. Untuk melakukan tes menyeluruh dengan tingkat akurasi yang tinggi, butuh waktu sekitar 40 ment.

Bahkan, satu alat tes itu bisa menjalankan 700 tes berbeda setiap harinya. Usai menjalani uji klinis di Nagasaki, alat ini rencananya akan didistribusikan ke rumah sakit dan lembaga kesehatan di seluruh Jepang.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close