GLOBAL

Al-Azhar Mesir Mewisuda 149 Mahasiswa Asal Indonesia

Selasa, 10 Oktober 2017

Indonesiaplus.id – Upacara kelulusan bagi 260 wisudawan-wisudawati Universitas Al -Azhar Mesir dan 149 di antaranya adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Prosesi wisuda dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Mesir, Helmy Fauzy.

“Hari ini, kita lihat senyum bahagia anak-anak yang dipilih oleh Allah untuk menyandang gelar sarjana dari Al-Azhar, untuk mengajarkan mengenai islam ke berbagai penjuru dunia. Kami ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya, setinggi-tingginya, dan setulus-tulusnya kepada Universitas Al-Azhar,” ucap Dubes Helmy, seperti keterangan tertulis dari KBRI Kairo, Senin (9/10/2017).

Tidak hanya dari Indonesia, wisudawan juga ada yang berasal dari 11 negara lain, di antaranya Malaysia, Thailand, Pakistan, Chad, Bangladesh, Nepal, India, Filipina, Kirgizstan, Singapura, dan Turki.

Para wisudawan yang berasal dari berbagai negara tersebut turut berkontribusi dalam misi Universitas Al-Azhar untuk menyebarkan nilai-nilai islam moderat ke seluruh penjuru dunia. Saat ini, universitas Al -Azhar memiliki pelajar dari 103 negara, dan mengirimkan pengajar ke 61 negara di dunia.

“Keilmuan yang kalian peroleh di Al-Azhar diharapkan untuk bisa menjadi kontribusi positif bagi masyarakat. Segera pulang ke tanah air, Indonesia sudah menanti. Bawalah risalah Al-Azhar yang ramah, toleran, dan menjunjung tinggi kemanusiaan,” pesan Helmy.

Wakil Rektor Universitas Al-Azhar, Muhammad Mahmud Abu Hasim, dalam sambutannya mengatakan bahwa pentingnya peran para alumni dalam menterjemahkan nilai-nilai Islam sebagai rahmat semesta alam ke seluruh dunia.

“Saat ini masa yang berat karena banyak pihak yang menganggap Islam bukan agama benar. Karena itu, kita perlu menjelaskan bahwa Islam adalah agama yang penuh kasih sayang dan memiliki akhlak yang baik. Selamat atas keberhasilan kalian, dan saya berharap kalian dapat membantu Islam pada masa mendatang dan menjadi duta Al-Azhar di Indonesia dan negara lain untuk membawa nilai-nilai Al-Azhar yang moderat,” harapnya.

Para wisudawan berasal dari berbagai fakultas, seperti fakultas Usuluddin, Syariah wal Qonun, Al-lughah Arobiyah, Dirasat Islamiyah wal Arabiyah Banin, Dirasat Islamiyah wal Arabiyah lil Banat, Tarbiyah, dan Ulum Islamiyah.

Meskipun diikuti oleh peserta dari beberapa negara, wisuda Universitas Al-Azhar setiap tahunnya diadakan oleh Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kairo, bekerja sama dengan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Mesir.

Kondisi tersebut dikarenakan Al-Azhar tidak mengenal tradisi wisuda. Sehingga,pelaksanaan wisuda tetap melibatkan pimpinan Al-Azhar baik dari kantor Syeikh maupun dari Rektorat dan jajaran Dekanat.[Fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close