GLOBAL

Akhiri Polemik Brexit, PM Inggris Putuskan Pemilu Dipercepat

Indonesiaplus.id – Pemilu Inggris bakal digelar 12 Desember 2019. Keputusan itu diumumkan secara resmi oleh Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson.

Pihaknya meminta publik mendukungnya dan berjanji Brexit akan dilaksanakan dalam beberapa pekan kemudian.

Pemilu dipercepat itu disetujui oleh parlemen pekan lalu untuk mengakhiri dua tahun perselisihan terkait Brexit yang merusak keyakinan investor pada stabilitas Inggris.

Dari hasil pemilu itu sulit diprediksi, karena para pemilih semakin kritis dan ada peluang partai-partai kecil melawan dua partai terbesar yakni Partai Konservatif yang dipimpin Johnson dan Partai Buruh.

Usai pembubaran parlemen dan bertemu Ratu Inggris Elizabeth, Rabu (6/11/2019), PM Johnson akan kembali ke kediaman Downing Street untuk mengumumkan pemilu. Dia akan meluncurkan kampanye partainya pada hari yang sama.

“Jadi, saya tidak ingin pemilu. Tak ada perdana menteri ingin pemilu dipercepat, terutama bukan pada Desember,” ujar Johnson, seperti yang dilansir Reuters.

Hasil survei menunjukkan Partai Konservatif unggul dibandingkan Partai Buruh. Meski demikian, sentimen publik dapat berubah drastis.

“Saat berbagai hal muncul kita tak punya pilihan, karena hanya membuat Brexit terlaksana dalam beberapa pekan selanjutnya hingga kita bisa fokus pada semua prioritas rakyat Inggris,”tandasnya.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close