ECONOMY

Seruan AS Ditolak OPEC-Sekutu, Harga Minyak Global Terdongkrak Naik

Indonesiaplus.id – Seruan Amerika Serikat (AS) untuk meningkatkan produksi dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak ( OPEC ) dan sekutunya, Rusia, tegas menolak. Dampaknya harga minyak mentah pada perdagangan hari ini terkerek naik lebih dari 1 persen.

Selain itu, OPEC dan sekutunya (OPEC+) bersepakat mempertahankan kebijakan terkait mengembalikan defisit produksi secara bertahap. OPEC+ baru akan meningkatkan produksi sebesar 400.000 barel per hari (bph) pada bulan Desember mendatang.

Sedangkan, di pasar komoditas hingga pukul 10:37 WIB, harga minyak berjangka Brent naik 0,99% ke USD81,34 per barel usai sempat jatuh hampir 2% pada Kamis lalu (4/11). Sementara minyak West Texas Intermediate (WTI) melesat 1,08% ke USD79,66 per barel, usai terpuruk 2,5% pada sesi sebelumnya.

Seperti diketahui bahwa Presiden AS Joe Biden meminta OPEC meningkatkan produksi tambahan dengan harapan untuk menstabilkan harga minyak agar tidak terlalu mahal.

“Pertemuan OPEC+ kali ini yang singkat dan mudah diprediksi terkait produksi,” ujar analis OANDA Edward Moya dilansir Reuters, Jumat (5/11/2021). Menurut Edward bahwa ia meyakini OPEC+ tidak akan mempertimbangkan mengubah strategi produksi mereka.[tat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close