ECONOMY

Rakernas Baznas 2018 di Bali Hasilkan 27 Komitmen Resolusi

Jumat, 23 Maret 2018

Indonesiaplus.id – Rapat kerja nasional (Rakernas) digelar Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tahun 2018 di Grand Inna Bali Beach Hotel, Denpasar, Bali pada 21-23 Maret 2018.

Dengan mengambil tema “Penguatan Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) untuk Pembangunan Kesejahteraan Nasional” itu melahirkan 27 poin resolusi.

“Rakernas Baznas 2018, alhamdulillah berlangsung lancar dan sukses hingga melahirkan 27 resolusi,” ujar Ketua Baznas, Bambang Sudibyo saat menutup Rakernas, Kamis (22/3/2018).

Para peserta Rakernas, kata Bambang, berkomitmen dan serius melaksanakan tugas pengelolaan zakat dengan melaksanakan resolusi demi menyukseskan pembangunan. Terutama mengentaskan kemiskinan dengan berbagai program pemberdayaan mustahik, sehingga mereka bisa menjadi muzaki.

Ada beberapa keputusan hasil Rakernas, yaitu Baznas pusat, Baznas provinsi, Baznas kabupaten atau kota dan Lembaga Amil Zakat (LAS) bertekad menjalankan tugas secara profesional dan akuntabel.

“Siap menjalankan tugas sesuai syariat Islam dan konstitusi. Guna menjaga netralitas, tidak berafiliasi dengan partai politik dan tidak mengikuti kegiatan politik praktis, ” katanya.

Baznas bertekad meningkatkan kinerja pengumpulan zakat nasional untuk mencapai target nasional tahun 2018 sebesar delapan triliun rupiah.

Baznas pusat, Baznas provinsi, Baznas kabupaten atau kota dan LAZ juga akan melakukan kampanye dan sosialisasi bersama tentang perzakatan nasional. Serta mempublikasikan hasil pengukuran Indeks Zakat Nasional (IZN) tahun 2017 dan 2018.

Selain itu, akan mengembangkan sistem database untuk melayani 5.850.000 muzaki perorangan dan 5.000 muzaki badan pada 2018.

Sebelum penutupan Rakernas Baznas, Ahmad Mundzier Suparta sebagai Komisioner Baznas membacakan resolusi.

Lalu menyerahkan resolusi kepada ketua Baznas yang didampingi Zainulbahar Noor sebagai Wakil Ketua Baznas. Resolusi Rakernas Baznas 2018 juga diserahkan kepada perwakilan Baznas daerah dan salah satu perwakilan LAZ.

Rakernas Baznas 2018 diharapkan semakin memacu dan memicu kebangkitan zakat di seluruh penjuru Indonesia. “Alhamdulillah, Rakernas Baznas 2018 berlangsung lancar dan sukses, kami menyampaikan terima kasih pada semua pihak sehingga Rakernas ini semakin memacu dan memicu kebangkitan zakat nasional,” ucap Jaja Jaelani, Ketua Panitia Rakernas Baznas 2018.[Sal]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close