ECONOMY

Pembukaan Perdagangan Awal Pekan Ini, IHSG Cenderung Menguat

Indonesiaplus.id – Perdagangan pembukaan awal pekan ini, Indeks Harga Saham Habungan (IHSG) menguat 20 poin atau 0,33 persen di level 6.060.

Menurut analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi bahwa IHSG bergerak cenderung terkonsolidasi menguat di awal pekan perdagangan hari ini.

“Usai sebelumnya saham TLKM, BBHI, BSIM, TPIA dan INCO menguat menimbangi pelemahan saham BBRI, BMRI, AGRO, EMTK, dan BBNI mengalami pelemahan,” ucap Lanjar dalam riset pada Senin (12/7/2021).

Investor terlihat berhati-hati di akhir pekan lalu, pasalnya di tengah ketidakpastian langkah pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) ada prospek suku bunga dan angka kasus COVID-19 varian baru yang terus meluas.

Sedangkan, di bursa Asia berpotensi mengawali pekan menguat, usai ekuitas Amerika Serikat mencatatkan rekor baru pada hari Jumat dalam pergerakan rebound-nya.

Untuk Indeks Futures naik di Jepang, Australia dan Hong Kong. Ketegangan antara AS dan China terus berkembang, dimana AS menambahkan 34 entitas China ke daftar hitam ekonominya atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia dan pengawasan teknologi tinggi di Xinjiang.

Namun, secara teknikal kendati ditutup melemah tipis, candlestick membentuk bullish candle yang bertahan diatas level MA20 dan MA5.

Ada indikator stochastic dan RSI bergerak bearish momentum, dengan Signal Line Indikator MACD yang menjenuh.

Kembali IHSG berpotensi menguji MA20 di kisaran level 6.028, dan menguji resistance bearish trendline di kisaran 6.050 sebagai konfirmasi arah pergerakan selanjutnya.

“Diperkirakan IHSG bakal bergerak dengna cenderung terkonsolidasi menguat di awal pekan dengan support resistance 6015-6050,” katanya.

Ada sejumlah rekomendasi untuk saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni AALI, ADHI, ADRO, AGII, ERAA, HMSP, JPFA, LSIP, MAIN, MEDC, PTPP, SMGR, WIKA, WSKT.[tat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close