ECONOMY

Menaker Ajak Masyarakat Manfaatkan Layanan Digital Aplikasi SIAPkerja

Indonesiaplus.id – Pada Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Kementerian Ketenagakerjaan memperkenalkan Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan atau SIAPkerja.

Stan SIAPkerja telah memberikan pelayanan langsung berupa job counseling, pendaftaran pelatihan dan pemagangan, pelayanan peningkatan produktivitas, pelayanan penempatan tenaga kerja, pelayanan tenaga kerja mandiri, pelayanan jaminan sosial tenaga kerja, pelayanan keselamatan dan kesehatan kerja, serta pelayanan sertifikasi kompetensi kerja.

Menurut Menaker melalui ekosistem digital SIAPkerja, Kemnaker ingin memberikan pelayanan ketenagakerjaan yang terintegrasi dapat digunakan dengan mudah, baik oleh masyarakat, perusahaan, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan lembaga-lembaga pelatihan. SIAPkerja dapat mempertemukan antara pencari kerja dan pemberi kerja secara cepat.

“Di aplikasi SIAPkerja teman-teman apakah membutuhkan kesempatan melakukan pelatihan, atau mereka sudah melakukan pelatihan tapi membutuhkan peningkatan kompetensi, atau membutuhkan job opprtunity, lowongan pekerjaan, di SIAPkerja semuanya itu tersedia,” ujar Menaker di JCC Senayan, Jakarta, Ahad (30/10/2022).

Pelayanan SIAPkerja diberikan tidak hanya secara digital atau online, tetapi juga secara offline. Pelayanan secara offline diberikan terutama bagi masyarakat yang belum memiliki akses digital.

Pelayanan secara offline, Kemnkaer membangun Anjungan SIAPkerja di kawasan-kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus, Kios SIAPkerja di balai-balai pelatihan dan dinas-dinas ketenagakerjaan di daerah, dan Balai SIAPkerja di desa-desa. Semua pelayanan itu terhubung secara digital dalam ekosistem SIAPkerja.

“Kami perkenalkan SIAPkerja kepada masyarakat bahwa ekosistem telah kita bangun dan masyarakat bisa memanfaatkan sebaik mungkin,” pungkasnya.[tat]

Related Articles

Back to top button