ECONOMY

Libur Akhir Pekan, Menhub Prediksi Ada 400 Ribu Penumpang KRL Jabodetabek

Indonesiaplus.id – Diperkirakan pergerakan penumpang KRL Jabodetabek selama libur lebaran akan mencapai puncaknya pada akhir pekan ini, yakni sekitar 400.000 orang.

Angka tersebut, hampir dua kali lipat dibandingkan dua hari libur lebaran yang hanya sekitar 200.000 penumpang.

“Di akhir pekan, dari Sabtu (15/4/2021) sampai Ahad (16/4/2021) puncak pergerakan penumpang selama libur lebaran, bisa sekitar 300-400 ribu per hari,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya, disela-sela kunjungannya, di Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Peningkatan jumlah penumpang, Menhub memperingatkan agar protokol kesehatan di Stasiun transit seperti Manggarai harus diperhatikan. Stasiun Manggarai menjadi salah satu yang paling sibuk dan padat di Indonesia.

“Stasiun Manggarai, tempat perjumpaan paling padat di seluruh negeri ini,” kata Budi Karya.

Perlu dibenahi oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dalam mengelola transportasi Kereta Rel Listrik (KRL) di wilayah aglomerasi. Salah satunya adalah penerapan protokol kesehatan yang masih belum dijalankan secara maksimal.

Misalnya, asih ada penumpang beredesak-desakan dan tidak mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dengan tepat. Tak hanya itu, ada beberapa kereta juga yang tidak dijaga oleh petugas.

Menhub meminta pengelolaan transportasi seperti kereta di wilayah aglomerasi bisa dilakukan dengan baik. Sehingga pergerakan penumpang di kereta bisa terkontrol.

“Pelajaran dari Kaliadem dan Manggarai, Kepala Daerah kelola aglomerasi petakan potensi kepadatan terjadi. Di Kaliadem dan Manggarai itu terjadi. Ini jadi satu penyebab terjadinya penularan ,” pungkas Budi Karya.[tat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close