ECONOMY

Kemenhub: KRL Rute Manggarai-Duri Bakal Dihapus 2017

Sabtu, 7 Januari 2017

Indonesiaplus.id – Terkait rencana akan beroperasinya kereta Bandara Soekarno-Hatta, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menjadwalkan menghapus perjalanan KRL untuk rute Manggarai-Duri pada 2017.

Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA), keputusan penghapusan rute itu telah masuk dalam Surat Keputusan (SK)‎ Dirjen Perkeretaapian No.KA 407/ SK.332/DJKA/12/16 tanggal 29 Desember 2016. Penghapusan KRL untuk rute Manggarai-Duri ini akan dioperasikan KA Commuter Bandara Soekarno-Hatta.

Dijadwalkan penghapusan ini mulai pertengahan 2017, sesuai dengan pengoperasikan KA Bandara Soetta. Untuk mendukung KA Bandara Soetta itu, nantinya juga akan dilakukan penambahan perjalanan KRL untuk rute Bogor-Manggarai-Jatinegara.

Tak hanya penghapusan, juga ada penghapusan kereta jarak jauh pada 2017. Setidaknya daftar KA yang dihapus perjalanannya adalah KA Tegal Arum relasi Tegal – Pasar Senen (Ekonomi Jarak Menengah) dan KA Sarangan relasi Surabaya Gubeng – Madiun (Bisnis).

Kemenhub juga akan menghapus KA Cepu Express relasi Surabaya Turi – Cepu – Semarang Poncol (Lokal), KA Arjuna relasi Surabaya Kota – Madiun dan KA Madiun Jaya relasi Madiun – Yogyakarta.

Sebelumnya, Dirjen Perekeretaapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono telah menandatangani GAPEKA 2017 tersebut di Stasiun Pasar Senen bersama dengan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero).

“Kami harap GAPEKA ini berjalan dengan baik dan lancar, sehingga masyarakat pengguna moda kereta api dapat merasakan kenyamanan yang sesungguhnya adanya KA Bandara yang terkoneksi dengan Commuter Line Jabodetabek,” katanya.[Sal]

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close