ECONOMY

Hari Ini, Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Melemah

Indonesiaplus.id – Perdagangan hari ini, Senin (3/2/2020, nilai tukar rupiah terhadap dolar di pasar spot dibuka melemah 17 poin atau 0,12 persen ke level Rp13.672 per dolar AS.

Indeks dolar AS yang melacak pergerakan greenback terhadap mata uang utama lainnya, masih terpantau menguat 0,103 poin atau 0,11 persen ke level 97,493 pada pukul 08.08 WIB.

Sedangkan untuk kurs diperkirakan bergerap pada rentang Rp 13.600 – Rp 13.700. Sentimen eksternal masih membayangi pergerakan kurs rupiah, a.l. penanganan wabah virus corona.

Menurut Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra bahwa fokus pasar masih pada perdagangan pekan depan masih akan tertuju pada penyebaran virus corona.

Dilihat dari jumlah kematian yang terus meningkat dan kabar penyebaran virus antarmanusia, meski tidak menunjukkan gejala, bisa mendorong kekhawatiran pasar terhadap potensi perlambatan ekonomi global.

“Pada akhir pekan kemarin, aset berisiko terlihat berguguran mengindikasikan adanya kekhawatiran tersebut. Rupiah pada pekan depan berpotensi bergerak di kisaran Rp13.600 per dolar AS hingga Rp13.700 per dolar AS,” ujar Ariston, Ahad (2/2/2020).

Tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS yang terus menurun dapat menahan penguatan dolar AS sehingga akan membatasi penurunan rupiah.

Pada saat ini, imbal hasil obligasi AS untuk tenor 10 tahun berada di level 1,5 persen. Padahal, sepekan sebelumnya masih berada di kisaran 1,7 persen.

Sebagai imbal hasil obligasi AS tersebut terkoreksi akibat keputusan The Fed untuk mempertahankan suku bunganya di level rendah sepanjang tahun ini yang membuat dolar AS bergerak menurun.[sal]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close