ECONOMY

Angkasa Pura II: Penerbangan dari dan ke China di Soetta Dihentikan

Indonesiaplus.id – Pada Rabu (5/2/2020) dinihari, rute penerbangan dari dan ke China melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta resmi dihentikan. Kebijakan sebagai upaya pencegahan masuknya virus korona ke Tanah Air.

Nampak ratusan Warga Negara Asing asal China melakukan perjalananya kembali kenegaranya menggunakan maskapai terakhir. Satu persatu warga negara China melakukan boarding di depan pintu keberangkatan Internasional melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, mengingat seluruh maskapai rute penerbangan dari dan ke China akan dihentikan.

Petugas bandara memastikan kelancaran proses kembalinya para penumpang pesawat China eastern tujuan Shanghai berjalan lancar pada penerbangan tetakhir.

Penundaan penerbangan tersebut berlaku hari ini hingga waktu yang belum bisa ditentukan sesuai keputusan pemerintah sebagai upaya pencegahan masuknya virus korona.

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaludin, pada hari ini merupakan pemberlakuan dimulainya penundaan penerbangan sementara dari dan menuju China, sedang proses boarding penumpang China yang akan berangkat menuju Shanghai Pudong.

“Penundaan telah disampaikan dalam rapat kabinet terbatas oleh presiden dan ditindak lanjuti oleh menteri perhubungan, secara resmi penundaan penerbangan ini akan berlangsung mulai Rabu pukul 00.00 WIB,” ungkap Awaludin.

Sebelumnya, maskapai yang elayani penerbangan dari dan menuju China ada tiga maskapai domestic, yakni Garuda Indonesia, Lion Air, dan Batik Air.

Untuk maskapai asing ada Air China, China Southern, China Eastern, Xiamen Air, Cathay Facific, terhitung hari ini delapan maskapai tersebut menghentikan sementara rute penerbangan dari dan menuju China.

Ada 16 izin rute penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta ke China dan sebaliknya, izin rute tersebut melayani penerbangan dari dan ke Beijing, Guangzhou Baiyun, Shenzen Bao’an, Shanghai Pudong, Kunming, Nanning, Haikou Meilan, Fuzhou Changke, Fan Xiamen Gaoqi.

Sementara itu, pihak Bandara Soekarno Hatta berharap penghentian penerbangan untuk waktu terbatas itu bisa dipahami seluruh pengguna jasa penerbanga untuk mendukung upaya pencegahan masuknya virus corona ke Tanah Air.[sal]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close