SPORTS

Selidiki Referendum Katalunya, Aparat Spanyol Periksa Guardiola

Jumat, 22 Desember 2017

Indonesiaplus.id – Kasus pemberontakan terkait pergerakan kemerdekaan di Katalunya, sedang dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian Spanyol.

Kepolisian telah membuat daftar sejumlah tokoh yang terlibat dalam aksi tersebut. Salah satunya adalah pelatih tersohor dunia, yakni pelatih Manchester City, Josep Guardiola.

Dia memang identik dengan klub raksasa La Liga, Barcelona. Beberapa waktu lalu, Guardiola juga secara terang-terangan mengikuti Kampanye Kemerdekaan Katalunya dan membacakan surat referendum dalam acara tersebut.

“Acara bertujuan untuk mempertahankan referendum dan memperjuangkan sesuatu secara sepihak. Sebuah pernyataan tersebut bahkan dia (Guardiola) membacakannya secara lantang,” tulis laporan kepolisian Spanyol dilansir Sport Ilustrated, Jumat (22/12/2017).

Surat kabar Barcelona, El Nacional, menurunkan laporan bahwa Guardiola, memang salah satu tokoh sepak bola yang aktif menyuarakan dukungannya untuk kemerdekaan Katalunya. Bahkan, Guardiola tidak takut memakai pita kuning beberapa waktu lalu di pinggir lapangan.

Dari simbol pita kuning tersebut berarti dukungan seseorang kepada para politikus yang dipenjara usai membela kemerdekaan Katalunya.

Saatditanyai kenapa dia mencampurkan politik dengan sepak bola, Guardiola menegaskan siap mendapat hukuman kalau tindakannya salah. “Untuk menjadi pemberontak, Anda harus menjadi orang yang rela dipenjara, lihat saja mereka (politikus yang dipenjara). Jadi, sampai mereka dibebaskan, pita ini akan terus saya pakai setiap laga,” tandasnya.[Was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close