SPORTS

Kegagalan Barcelona vs Las Palmas Dimulai di Titik Penalti

Jumat, 2 Maret 2018

Indonesiaplus.id – Hasi berimbang dengan kegagalan Barcelona menaklukkan Las Palmas, pada pertandingan pekan ke-26 La Liga musim 2017/2018 di Estadio de Gran Canaria, Jumat (2/3/2018) dini hari WIB.

Dengan gol dari Lionel Messi di menit ke-21 memberikan keunggulan pertama bagi Barcelona. Di kubu Las Palmas, Jonathan Calleri berhasil menyumbang satu gol penyama kedudukan pada menit ke-48.

Las Palmas sebagai tuan rumah turun dengan formasi dasar 4-2-3-1, dengan Jonathan Calleri sebagai penyerang tunggal. Lini kedua ditempati oleh Alen Halilovic, Tana, dan Jairo.

Barcelona bermain dengan skema 4-4-2, tentu dengan menempatkan Luis Suarez dan Lionel Messi sebagai duet penggawa di lini serang. Lucas Digne, Thomas Vermalen, Samuel Umtiti, dan Aleix Vidal ditugasi untuk mengawal area pertahanan Barcelona.

Pada babak pertama, area pertahanan Las Palmas sudah direpotkan oleh rangkaian gempuran pemain Barcelona. Duet Suarez dan Messi bergantian melesakkan percobaan-percobaan demi meraih keunggulan pertama sesegera mungkin.

Sedangkan di menit 17 tim tuan rumah berhasil menciptakan peluang lewat sepakan Matias Aguirregaray. Pemain yang juga merupakan penggawa Timnas Uruguay ini memanfaatkan sundulan Jonathan Calleri yang meneruskan eksekusi tendangan sudut.

Keunggulan pertama Barcelona lahir berkat gol Messi pada menit ke-21. Pelanggaran pemain Las Palmas, Ximo Navarro, berujung pada hadiah tendangan bebas untuk Barcelona. Messi yang ditunjuk sebagai eksekutor pun mampu memanfaatkannya dengan menciptakan gol pertama bagi Barcelona.

Memasuki 10 menit menjelang waktu normal babak pertama usai, Calleri melakukan dua percobaan demi menyamakan kedudukan. Pertama, lewat sundulan di menit 31 yang memanfaatkan assist Alen Halilovic. Kedua, pada menit ke-36, ia meneruskan assist Vicente Gomez lewat tembakan dari area kiri.

Namun sayangnya, kedua percobaan tadi belum berhasil memberikan angka bagi Las Palmas. Skor bertahan 0-1 hingga babak pertama usai. Tiga menit sejak babak kedua dimulai, Las Palmas berhasil menyamakan kedudukan dari titik putih. Hadiah tendangan penalti diberikan karena wasit menilai Sergi Roberto melanggar Aguirregaray di dalam kotak penalti.

Calleri yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dan memberikan 1 gol untuk timnya. Setelah gol penyama kedudukan tadi, Barcelona semakin gencar menekan Las Palmas. Masuknya Philippe Coutinho pada menit 57 menggantikan Alex Vidal, ternyata tidak memberikan kontribusi berarti perihal produktivitas gol.

15 menit menuju akhir waktu normal pertandingan, Las Palmas merapatkan permainan. Ketimbang ngotot mencetak gol, mereka lebih cenderung memfokuskan diri pada menggagalkan upaya-upaya Barcelona membangun serangan. Upaya ini berhasil, karena satu-satunya percobaan berarti berhasil diciptakan Barcelona terjadi pada babak perpanjangan waktu.

Tepat di menit 96, Ousmane Dembele melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dengan memanfaatkan assist Sergio Busquets. Sayangnya, tembakan yang mengarah ke tengah gawang ini berhasil digagalkan oleh kiper Las Palmas, Leandro Chichizola.

Dalam tujuh menit waktu tambahan, kedua tim tak berhasil menambah gol. Pertandingan pun berakhir dengan skor 1-1. Hasil seri ini belum menggoyahkan posisi tim besutan Ernesto Valverde sebagai pemuncak klasemen sementara La Liga 2017/2018 dengan torehan 66 poin.

Mereka unggul lima poin atas Atletico Madrid yang sekarang menduduki posisi runner up. Sehingga Las Palmas sendiri masih tertahan di posisi 18 dengan raihan 20 poin.[Mas]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close