SPORTS

Ferguson Ungkap Kisah Saat Datangkan Rooney ke Old Trafford

Kamis, 26 Januari 2017

Indonesiaplus.id – Ada kisah menarik saat mendatangkan Wayne Rooney dari Everton pada 2004. Hal itu disampaikan mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Setan Merah membutuhkan waktu empat tahun untuk merayu Rooney ke Old Trafford. Dalam periode tersebut, penyerang asal Inggris tersebut sempat dua kali menolak tawaran Setan Merah. Kisah tersebut setelah Rooney membukukan rekor sebagai pencetak gol terbanyak Man United pada pekan lalu.

Penyerang berusia 31 tahun mencatat rekor tersebut lewat gol tunggal yang diciptakannya ke gawang Stoke City. Gol tersebut menjadikan Rooney sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Setan Merah dengan total torehan 250 gol, melampaui catatan Bobby Charlton.

Dari total 250 gol itu dibukukan Rooney selama 12 tahun memperkuat Man United. Rooney mungkin tidak bisa membuat rekor luar biasa tersebut seandainya dia memperkuat klub lain.

Terlebih Rooney sempat dua kali menolak tawaran Man United sebelum memutuskan hijrah ke Old Trafford.

“Saat dia berusia 14 tahun, Jim Ryan menemukan bakatnya dari akademi Everton dan hal tersebut menjadi perhatian kami. Namun, dia tidak ingin meninggalkan akademi saat itu,” kata Fergie dalam wawancaranya dengan BBC.

“Saat dia berusia 16 tahun, kami berusaha lagi (mendatangkan dia). Kemudian saat Walter Smith menjadi asisten (Man United), dia mengatakan, ‘Anda memerlukan Rooney. Dia pemain muda terbaik’,” katanya.

Setelah mendapatkan masukan dari Smith, Man United, lanjut Fergie, terus berusaha keras mendatangkan Rooney. “Dia membuat keputusan saat kami melawan Everton di Old Trafford. Kami berbincang dengan Bill Kenwright (Presiden Everton), David Moyes, Maurice Watkins, David Gill, dan saya sendiri,” ucapnya.

Saat berbincang dengan para petinggi Everton, Fergie kemudian menceritakan momen lucu. “Kenwright memberikan telepon genggamnya kepada saya dan mengatakan, ‘ini ibu saya. Dia ingin berbicara dengan Anda’. Dia mengatakan, ‘jangan coba-coba kamu curi anak saya!’ Kami akhirnya mencapai kesepakatan pada harga 27 juta poundsterling untuk anak berusia 18 tahun,” kenang Fergie.

Saat itu, Ibu Kenwright, menurut Daily Mail, berusia 75 tahun. Sehari kemudian, transfer Rooney terjadi. Dengan harga 27 juta poundsterling, Rooney menjadi pemain termahal untuk pemuda berusia di bawah 20 tahun.

Maka, rekor tersebut dipecahkan saat Paris Saint-German mendatangkan Lucas Mauro dari Sao Paulo pada 2012 dengan harga 28 juta poundsterling.[Was]

 

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close