POLITICS

Wakil Ketua DPR: Surat Calon Kapolri Bakal Dikirim Januari 2021

Indonesiaplus.id – Pimpinan DPR RI belum juga menerima surat usulan pengangkatan calon Kapolri dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebab Kapolri bakal memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021.

“Hingga kini, belum ada,” ujar Wakil Ketua DPR RI Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin di Jakarta Ahad (20/12/2020) malam.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini mendapatkan informasi bahwa surat tersebut akan dikirimkan Presiden ke DPR RI pada Januari 2021.

“Jadi, memang ada informasi Januari ke DPR,” tandas Azis Syamsuddin.

Legilastor Dapil Lampung ini menyatakan bahwa Komisi Kepolisian Nasionam (Kompolnas) masih memproses dan menyeleksi nama-nama perwira tinggi Polri yang memenuhi syarat sebagaimana Undang-Undang Nomor 2/2002 tentang Kepolisian Negara Republi Indonesia (UU Polri) sebagai calon Kapolri, untuk selanjutnya diberikan kepada Presiden.

Nanti, saat surat usulan Presiden Jokowi masuk ke DPR RI akan dibacakan dalam Rapat Paripurna DPR RI untuk dibahas dalam Rapat Pimpinan (Rapim) DPR dan Rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk diserahkan ke Komisi terkait, dalam hal ini Komisi III DPR untuk memprosesnya.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close