POLITICS

Tjahjo Kumolo Tunjuk Fachrori Umar Sebagai Plt Gubernur Jambi

Selasa, 10 April 2018

Indonesiaplus.id – Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar ditunjuk Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi pascapenahanan Gubernur Jambi Zumi Zola oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Pada sore ini Wakil Gubernur Jambi ditunjuk oleh Mendagri atas nama Pemerintah pusat, sebagai Plt Gubernur Jambi,” ujar Mendagri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Penunjukan Fachrori, kata Tjahjo, sebagai Plt Gubernur Jambi adalah untuk mengisi kekosongan pemerintahan di Provinsi Jambi. Sebab, Gubernur Jambi Zumi Zola sudah berhalangan memimpin pemerintahan di provinsi tersebut.

Penyerahan surat keputusan penunjukan pelaksana tugas Gubernur Jambi akan diserahkan Sekjen Kementerian Dalam Negeri. Senin, kemarin, KPK menahan Gubernur Jambi Zumi Zola yang sebelumnya telah ditetapkan tersangka tindak pidana korupsi menerima gratifikasi terkait proyek-proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi pada 2014-2017.

“Dia ditahan 20 hari pertama di Rutan Cabang KPK di Kavling C-1 Kuningan,” tutur Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Senin (9/4/2018). Sebelum ditahan, KPK memeriksa Zumi sebagai tersangka dalam kasus suap tersebut.[Mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close