POLITICS

Ssst…!!! Ini Nama-nama Dijagokan Gantikan Posisi Khofifah

Senin, 2 Oktober 2017

Indonesiaplus.id – Pemilihan Kepala Daerah (Pemilkada) Jawa Timur 2018, dipastikan akan diikuti oleh Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa.

Kepastian tersebut, terlihat pada Sabtu (30/9/2017), Khofifah mencoba maju melalui jalur pendaftaran calon gubernur Jatim Partai Demokrat. Juga, langkah Khofifah menuju Jatim 1 juga mendapatkan dukungan dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Sosok Khofifah dinilai memiliki kapabilitas untuk memimpin Jatim, sebuah wilayah yang memberikan dampak domino terhadap wilayah Indonesia Timur, dan ia mengaku terus didesak oleh masyarakat Jatim untuk bertarung dalam Pilkada.

Juga ia mengklaim, bahwa sudah mengantongi dukungan riil partai politik yang cukup membawanya maju sebagai bakal calon kepala daerah di Jatim. “Kalau Jatim, parpol kan minimal 20 persen kursi di DPRD Jatim. Kalau dihitungnya begitu, ya cukup,” ujar Khofifah.

Bisa dipastikan majunya Khofifah dalam bursa calon gubernur Jatim, sudah tentu bakal berimbas pada reshuffle kabinet. Sehingga, pengganti posisi Menteri Sosial yang akan ditinggalkan bakal diincar banyak pihak.

Presiden Joko Widodo bakal kembali kocok ulang kabinet kerjanya jilid 3. Lalu, siapa yang berpeluang menempati posisi Menteri Sosial menggantikan Khofifah? Setidaknya ada tiga nama yang digadang-gadangkan menempati posisi Mensos, yakni Yenni Wahid, Najwa Shihab, serta Saefulloh.

Yenny Wahid merupakan putri dari Presiden Keempat RI Abdurrachman Wahid. Kini Yenny sibuk selaku Direktur Eksekutif The Wahid Foundation.

Sedangkan, Najwa Shihab namanya melejit usai menjadi pengasuh program Mata Najwa. Agustus lalu, Najwa Shihab mengundurkan diri dari program tersebut.

Sedangkan, Saefulloh menjabat selaku Sekda DKI Jakarta yang dikenal sebagai pejabat senior Pemprov DKI Jakarta yang telah memakan asam garam birokrasi. Di sisi lain, manta Wali Kota Jakarta Pusat itu cukup dekat dengan PDI Perjuangan. Namun, semuanya tinggal menunggu keputusan dari Jokowi.[Mus]

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close