POLITICS

Siang Ini, Wagub DKI Jakarta Terpilih Akan Dilantik Presiden di Istana

Indonesiaplus.id – Hari ini, Rabu (15/4/2020) Presiden Joko Widodo akan melantik Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta di Istana Negara.

Dijadwalkan pelantikan pendamping Anies Baswedan tersebut akan digelar pada pukul 13.00 WIB.

“Insya Allah di Istana dan permintaan pelantikan sudah pekan lalu, sudah dijawab itu dan disampaikan ke pihak Balai Kota dan ke Sekwan,” ujar Anggota Panitia Pemilihan Wagub DKI Jakarta Andyka, Selasa (14/4/2020).

Terkait situasi pandemi virus Corona atau Covid-19, pihak Istana menyatakan hanya akan mengundang 30 tamu undangan pada pelantikan Wagub DKI Jakarta.

“Jadi hanya da 30 tamu undangan, sama menteri, sama yang dilantik, sama keluarga,” ungkap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. ” 4 sampe 6 menteri, saya lupa antara itu ya,” katanya.

Pelantikan Riza Patria, kata Heru, sebagai Wagub DKI akan mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Salah satunya, menerapkan physical distancing atau jaga jarak aman antartamu yang hadir.

“Sangat terbatas undangan karena mengikuti protap protokol Covid. Harus ada jaga jarak, ruangan tidak

boleh terlalu penuh dan upacaranya sangat singkat,” katanya.

Usai lebih dari dua tahun kosong, kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta akhirnya terisi oleh politikus Gerindra,

Ahmad Riza Patria yang mengisi kekosongan kursi Wagub DKI usai ditinggal Sandiaga Uno.

Terpilih menjadi Wagub DKI Jakarta hingga 2022 pada Senin (23/3/2020). Calon dari Fraksi Gerindra itu meraih 81 suara saat pemilihan Wagub oleh DPRD DKI dan menang telak dari pemungutan suara di DPRD DKI.

Penantangnya Cawagub diusung PKS, Nurmansjah Lubis hanya meraih 17 suara dan 2 suara dianggap tidak sah.

Jumlah tersebut sesuai tata tertib DPRD atas pemilihan Wakil Gubernur yang menyatakan pemenang kontestasi ini meraih suara 50 ditambah 1.

Pada saat proses pemilihan, jumlah anggota DPRD yang hadir mencapai 100 orang dari 106 anggota.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close