POLITICS

Prof Siti Zuhro: Parpol Harus Lakukan Kaderisasi dengan Baik

Indonesiaplus.id – Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), R Siti Zuhro menilai partai politik (parpol) harus melakukan kaderisasi dengan seksama. Pasalnya, untuk menumbuhkan kembangkan kader-kader yang andal.

Dengan sistem kaderisasi yang berkualitas, maka berjenjang sesuai dengan kualifikasinya. Proses ini juga, lanjut dia, dilengkapi dengan promosi kader yang dilakukan secara merit system.

Selain itu, promosi kader dilakukan mengacu pada pertimbangan-pertimbangan logis, objektif dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Promosi kader bukan mengedepankan cara-cara nepotisme, kolutisme, kekerabatan dan kedekatan semata. Sehingga kader-kader yang berkualitas dan kompeten justru terpinggirkan,” tandas Prof Siti di Jakarta, kemarin.

Jika sistem kaderisasi parpol tidak bisa berjalan mendadak, maka perlu proses yang panjang. Pasalnya, membangun nilai-nilai demokrasi melalui pembangunan parpol butuh waktu. Diperlukan komitmen elit untuk memajukan dan menjadikan partainya modern.

“Hingga kini, sudah menjadi tradisi cara pandang pragmatis dan oportunistis itu, karena memandang kompetisi di pemilu hanya pokoke menang dan harus berada di kekuasaan, sehingga di luar kekuasaan sangat tidak menyenangkan,” katanya.

Ke depan, parpol akan all out dalam memenangkan pemilu dengan berbagai cara. Kendati terkadang terkesan menerobos kaidah atau etika atau kepatutan politik itu sendiri.[had]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close