POLITICS

PKS Jalin Kemitraan dengan Partai Buruh dan Konservatif Inggris

Senin, 21 November 2016

Indonesiaplus.id – Baru-baru ini, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR sepakat menjalin kerja sama dengan Partai Buruh dan Konservatif di Inggris setelah para petinggi kedua partai bertemu di Inggris.

“Dalam pertemuan tersebut, memberikan energi baru dalam hubungan persahabatan dan kemajuan antara fraksi PKS dengan partai penguasa dan oposisi di Inggris,” ujar Sekretaris Fraksi PKS, Sukamta di Jakarta, Senin (21/11/2016).

Fraksi PKS mengapresiasi dialog berlangsung dengan Lord Astor, mewakili fraksi partai konservatif dan John Spellar dari fraksi partai buruh sebagai oposisi. Kedua pihak, terlihat sangat matang dalam berpolitik dan memberikan masukan konstruktif dalam pengembangan fraksi.

Lord Astor yang diketahui sebagai mantan menteri pertahanan Inggris membagi pengalamannya mengembangkan fraksi partai konservatif di Inggris. “Hal penting yang dapat dilakukan dalam pengembangan partai modern yang selama ini dilakukan fraksi partai konservatif yang berkuasa yaitu mengembangkan kepemimpinan yang kuat dan membentuk public image yang baik,” katanya.

Dalam berpolitik, jangan sampai ada rasis dan harus berada di tengah untuk menarik semua golongan. Sukamta mengaku sependapat dengan pendapat Lord Astor yang menarik tentang menghindari Rasis, karena bisa dipetik pelajarannya dalam kehidupan berpolitik di Indonesia yang akhir-akhir ini sedang hangat-hangatnya.

Di tempat terpisah, Fraksi PKS bertemu dengan anggota DPR, dan mantan Menteri Angkatan Bersenjata Inggris John Spellar di Parliament Street, House Of Common. “John Spellar adalah tokoh penting di Fraksi Partai Buruh sebagai partai oposisi yang banyak makan asam garam di dalam berpolitik di Inggris,” katanya.

John Spellar merupakan anggota House of Common dan anggota grup lintas partai di Inggris yang memperhatikan serta mengamati perkembangan Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara anggota G 20 dan memiliki populasi terbesar ke empat di dunia dan populasi muslim terbesar yang moderat.

“Namun, hal yang mengejutkan dalam pertemuan John Spellar mengklarifikasi adanya beberapa anggota fraksi Partai Buruh mendukung pembebasan Papua, hal ini ditepisnya karena itu hanya sikap pribadi-pribadi, secara resmi berbeda, ” katanya.

Sikap Partai Buruh resmi secara resmi mendukung integritas teritorial Indonesia, begitu pula kebijakan negara-negara mitra Inggris seperti Australia dan menganggap OPM adalah entitas yang tidak stabil dan juga tidak layak untuk didukung, ujar John Spellaar.

Diskusi ditutup dengan kesepakatan kerja sama yang akan dirancang lebih lanjut dan undangan dari fraksi PKS kepada perwakilan fraksi Partai Buruh untuk berkunjung ke Indonesia. “Saya menyambut baik atas kerja sama lebih lanjut dan undangan ini, saya tunggu surat dan proposal kerja sama resminya,” tandas John Spellaar.

 

Pada kunjungan ke Inggris tersebut, Fraksi PKS bertemu komunitas Islam Inggris di Mosque Center pusat kota London untuk berdialog dan membangun komunikasi serta kerja sama lebih lanjut.

Pimpinan dan Anggota Fraksi PKS yang ikut dalam kunjungan kerja ke Inggris di antaranya Ketua/Anggota Komisi I DR, Jazuli Juwaini, Wakil Ketua Fraksi/Anggota Komisi III, Hb. Aboe Bakar Al-Habsy, Wakil Ketua Komisi VIII Iskan Qolba Lubis, MA , Wakil Ketua BKSAP Rofi Munawar, anggota Komisi IV Dr. Andi Akmal Pasludin, dan Anggota DPRD NTB Johan Rosihan.[Mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close